Selasa 27 Dec 2022 20:35 WIB

Pengunjung Minati Destinasi Wisata Bahari di Lampung

Sudah menjadi langganan wisata bahari menjadi destinasi saat musim libur tiba

Rep: mursalin yasland/ Red: Hiru Muhammad
Destinasi wisata bahari di Lampung ramai pengunjung pada akhir libur Idul Fitri 1443 H Ahad (8/5/2022).
Foto: republika/Mursalin Yasland
Destinasi wisata bahari di Lampung ramai pengunjung pada akhir libur Idul Fitri 1443 H Ahad (8/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pada musim libur akhir tahun, sebagian besar pengunjung lebih memilih destinasi wisata bahari, seperti pantai, laut, dan pulau. Sebagian lainnya, menikmati liburan di taman rekreasi wisata alam.

Berdasarkan pemantauan, Selasa (27/12/2022), pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Lampung, seperti Palembang, Bengkulu, dan Jakarta, Bogor, dan Bandung mulai meramaikan kawasan wisata bahari di Lampung. Hal tersebut dapat terlihat dari pelat nomor polisi mobil yang mengarah tempat wisata di kawasan pesisir Teluk Lampung.“Rata-rata yang datang ke pantai ini, mobil dari Palembang, Jakarta, Bogor, dan Bandung,” kata Arif, warga Desa Hanura, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Baca Juga

Menurut dia, sudah menjadi langganan setiap libur akhir tahun yang bertepatan dengan libur anak sekolah, kawasan destinasi wisata bahari seperti Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara, Pulau Pulau Tegal Mas, dan Pulau Pahawang.

Destinasi wisata bahari tersebut, ujar dia, mudah dijangkau pengunjung dari Kota Bandar Lampung, dibandingkan dengan destinasi wisata di daerah atau kabupaten lain. “Kalau masih di pesisir Teluk Lampung masih bisa pulang ke hotel, karena dekat,” kata Arif.

Dedi, warga Palembang, setiap akhir tahun ke Lampung untuk mandi di Pantai Mutun bersama keluarganya. Menurut dia, berwisata ke Lampung dari Palembang lebih dekat hanya tiga sampai empat jam saja melalui Jalan Tol Tras Sumatra.

“Kalau mau liburan tidak menyeberang ke Jawa, lebih memilih ke Lampung karena dekat dengan Palembang, karena sudah ada jalan tol,” kata Dedi, pegawai di Palembang.

Berdasarkan data Polda Lampung, jumlah pengunjung destinasi wisata bahari di Lampung mencapai 2.464 orang pada Senin (26/12/2022). Jumlah tersebut mengalami kenaikan 4,2 persen dari hari sebelumnya sebanyak 2.363 orang.

“Jadi kalau dipresentasikan adanya kenaikan (pengunjung) 4,2 persen per hari. Data ini didapat dari Posko Ops Lilin Krakatau Tahun 2022,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandar Lampung, Selasa (27/12/2022).

Pandra mengatakan, Operasi Lilin Krakatau 2022, juga dilakukan pengamanan untuk objek wisata bahari seperti pantai, laut, pulau, dan tempat rekreasi lainnya yang ada di Lampung. Penjagaan aparat di tempat wisata tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman pengunjung saat libur akhir tahun.

Menurut dia, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus telah memerintahkan personel yang terlibat dalam pengamanan destinasi wisata agar memberikan pelayanan dan pengamanan bagi pengunjung wisata yang berliburan di Lampung. “Berikan rasa aman dan nyaman,” kata Pandra mengutip pernyataan kapolda Lampung.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan liburan tahun baru di Lampung, apabila membutuhkan bantuan informasi dapat melalui Aplikasi Super App dan Call Center Polri 110 serta bisa menghubungi kantor polisi terdekat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement