Selasa 27 Dec 2022 13:32 WIB

Republika Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Republika menghimpun dana untuk membantu warga terdampak gempa Cianjur.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Republika menyalurkan bantuan dari donasi pembaca Republika kepada warga terdampak gempa Cianjur di Kampung Panumbangan RT 03 RW 01 Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Selasa (27/12/2022).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Republika menyalurkan bantuan dari donasi pembaca Republika kepada warga terdampak gempa Cianjur di Kampung Panumbangan RT 03 RW 01 Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Selasa (27/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Republika menyerahkan donasi pembaca Republika untuk warga terdampak Gempa Cianjur di Kampung Panumbangan RT 03 RW 01 Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Selasa (27/12/2022). Bantuan ini berupa souvenir alat sholat dan uang tunai kepada warga terdampak gempa Cianjur.

Bantuan ini merupakan kolaborasi antara Republika, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), Dompet Dhuafa, Republika Penerbit, dan Cianjur Read Aloud. Dalam momen yang bertajuk Bangkit bersama, pulih sepenuhnya ini hadir Direktur PT Republika Media Mandiri sekaligus Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Arys Hilman Nugraha, Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji, dan perwakilan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Haryo.

"Kami hadir dalam menyampaikan amanat pembaca Republika yang menyalurkan bantuan melalui Republika," ujar Direktur PT Republika Media Mandiri sekaligus Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha. 

Baca juga : Republika Salurkan Donasi dari Pembaca kepada Korban Gempa Cianjur

Sebelumnya, Republika menghimpun dana untuk membantu warga terdampak gempa Cianjur. Pembaca Republika, kata Arys, memberikan rasa kasih sayangnya kepada warga terdampak gempa. Selain bantuan paket souvenir dan uang tunai digelar juga permainan, mendongeng dari Read Aloud, dan kegiatan mewarnai yang diikuti anak-anak yang terdampak gempa.

Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji mengatakan, kegiatan ini merupakan penyaluran donasi dari pembaca Republika kepada warga terdampak gempa Cianjur. Dalam penyalurannya melibatkan Dompet Dhuafa yang sudah terjalin erat hubungannya.

Bentuk bantuan yakni paket souvenir ada mukena sajadah, sarung, dan Alquran ukuran besar serta uang tunai. Tujuanya, berharap agar warga terdampak gempa makin dekat dengan Allah SWT.

"Kami salurkan bantuan peralatan terkait shalat sebanyak 200 paket," ujar Hasan. 

Baca juga : Transformasi Digital Republika

Selain dalam bentuk paket, anak-anak juga mendapatkan paket makanan ringan dan mengikuti lomba menggambar dan mewarnai serta mendengarkan dongeng dari Cianjur read load. Harapannya lanjut Hasan, anak-anak terhibur dengan berbagai kegiatan tersebut. Sebab anak-anak tersebut ada yang rumahnya rusak akibat gempa Cianjur.

"Ingin anak tidak larut terus dalam duka, dengan cara mengajak anak bermain seperti permainan lima pilar," imbuh Hasan. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, makna dari tema 'Bangkit Bersama, Pulih Sepenuhnya'. Bangkit maknanya semua bersemangat tidak larut dalam duka. 

Harapannya ke depan ingin terus membangun, bekerja dan bersekolah seperti sebelum gempa. Untuk mewujudkannya perlu kebersamaan dan solidaritas termasuk dari warga yang tidak terdampak yakni dari seluruh warga Indonesia agar bangkit dan bisa pulih sepenuhnya.

"Tidak ada lagi duka dan kesedihan tapi bisa bergembira," ungkap Hasan. 

Terakhir, Republika mengucapkan terima kasih atas seluruh donasi pembaca dan mudah-mudahan membawa keberkahan bagi donatur dan bermanfaat bagi semuanya. Sebab, sebagai satu bangsa harus satu kesatuan dalam kebersamaan.

Perwakilan DMC Dompet Dhuafa Haryo mengucapkan terimakasih kepada Republika atas kegiatan ini. "Terima kasih kepada Republika semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT," ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement