Senin 26 Dec 2022 20:08 WIB

Arus Kendaraan Menyeberang dari Bakauheni ke Merak Meningkat

Operasi Lilin Krakatau 2022 sebagai operasi kemanusiaan saat libur Nataru

Rep: mursalin yasland/ Red: Hiru Muhammad
 Tampak sejumlah kendaraan bersiap menaiki kapal penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (9/5/2022).  (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Tampak sejumlah kendaraan bersiap menaiki kapal penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (9/5/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Operasi Lilin Krakatau 2022 Kepolisian Daerah (Polda) Lampung pada hari keempat, mencatat ada peningkatan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung) menuju Pelabuhan Merak (Banten), sampai Senin (26/12/2022).

Kepala Bidang Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, Operasi Lilin Krakatau 2022 sebagai operasi kemanusiaan  untuk menjaga situasi keamanan pada momen hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Operasi ini, kata dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan perjalanan libur Nataru.

Baca Juga

Berdasarkan laporan Kepala Satuan Kepolisian Pelabuhan (KSKP) Bakauheni AKP Ridho, Pandra mengatakan, terjadi peningkatan mobilitas moda transportasi yang menggunakan penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten.

“Dapat dilihat data kendaraan yang menyeberang pada hari Minggu (25/12/2022) sebanyak 6.779 unit, dan data kendaraan hari Senin (26/12/2022) sebanyak 8.607 unit. Artinya ini mengalami penambahan,” kata Pandra kepada //Republika.co.id//, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan, walaupun terjadi peningkatan mobilitas moda transportasi di Pelabuhan Bakauheni, aktivitas penyeberangan di Selat Sunda semua berlangsung dengan lancar dan aman serta kondusif.

Kepada masyarakat yang melakukan perjalanan libur Nataru, ia menginformasikan Polda Lampung menyiapkan sebanyak 74 Pos Pengamanan, yang terdiri dari 55 Pos Pam, 18 Pos Yan, dan 1 Pos Terpadu di Pelabuhan Bakauheni.

Khusus Pos Terpadu di Pelabuhan Bakauheni, merupakan keterpaduan antar instansi lintas sektoral, yang saling mendukung kesuksesan Operasi Lilin Krakatau Tahun 2022 dalam pengamanan Nataru 2023. Masing-masing sektor, kata Pandra, mempunyai tugas memonitor kegiatan keluar masuk kendaraan di Pelabuhan Bakauheni melalui //command center//, dan tempat melakukan rapat dalam analisa dan evaluasi situasi Harkamtibmas di pelabuhan.

Ia mengimbau masyarakat yang melakukan liburan tahun baru 2023 apabila letih dan lelah dalam perjalanan untuk beristirahat di rest area dan tempat parkir yang aman. Apabila membutuhkan bantuan dan ada masalah dapat melaporkan melalui Aplikasi Super App dan Call Center Polri 110 serta kantor Polisi yang terdekat.

Berdasarkan keterangan penumpang kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni, Senin (26/12/2022), aktivitas penyeberangan dari Bakauheni menuju Merak, dan sebaliknya berlangsung lancar, aman, dan kondusif. Kondisi cuaca di perairan Selat Sunda  saat ini, dinilai masih kondusif untuk penyeberangan kapal.

“Kapal kami berangkat pagi hari, dan tiba di dermaga Pelabuhan Merak, kapal langsung sandar dan merapat di dermaga, tidak menunggu lama,” kata Indra (48 tahun), warga Cibubur, yang habis liburan bersama keluarga di Palembang.

Menurut dia, kondisi cuaca di perairan Selat Sunda pada malam hari memang terjadi angin kencang, sehingga membuat adanya gelombang laut tinggi. Dari informasi tersebut, ia berniat untuk menyeberang pada pagi, siang, atau petang hari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement