Ahad 25 Dec 2022 13:35 WIB

Tim Jibom Sisir Dua Gereja di Palabuhanratu Sukabumi

Tim Jibam dari Polda Jabar menyisir dua gereja di Palabuhanratu, Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Personel polisi berjaga di pos pengamanan di halaman gereja. Tim Jibam dari Polda Jabar menyisir dua gereja di Palabuhanratu, Sukabumi.
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Personel polisi berjaga di pos pengamanan di halaman gereja. Tim Jibam dari Polda Jabar menyisir dua gereja di Palabuhanratu, Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Unit Jibom Brimobda Polda Jabar melakukan sterilisasi pada dua gereja di wilayah Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Ahad (25/12/2022) sekitar pukul 07.00 WIB. Di mana hasil pengecekan aman dan tidak menemukan hal yang mengancam keamanan.

Kasi Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, pengecekan dan penyisiran oleh Tim Jibom Brimobda Polda Jabar dilakukan pada dua gereja yaitu Gereja GPIB Galilea dan Gereja ST Fransiskys Asisi. Kedua gereja itu berada di Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga

"Setelah dilakukan pengecekan dan penyisiran, kedua gereja tersebut dinyatakan steril/aman," ujar Aah.

Pada saat dilakukan pengecekan dan penyisiran oleh Tim Jibom disaksikan oleh Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Idil Tabransyah dan Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwandi.

Selain itu hasil pantauan kegiatan ibadah misa Natal di Gereja dari Sabtu kemarin malam sampai pagi ini, Alhamdulillah berjalan aman, lancar dan kondusif. Ia mengatakan, Polri/TNI, instansi terkait dan stakeholder akan terus mengaman kegiatan Nataru secara optimal.

Sehingga masyarakat yang merayakan Natal dan yang akan liburan pergantian tahun merasa aman, tenang dan nyaman. Selanjutnya pada hari kedua pelaksanaan pengamanan dalam rangka Ops Lilin Lodaya ini, fokus pengamanan tetap pada kelancaran arus lalulintas, kegiatan ibadah misa Natal dan persiapan kunjungan arus wisata.

Sebelumnya, unsur Forkopimda Kota Sukabumi melakukan pemantauan pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Kota Sukabumi, Sabtu (24/12/2022) sore hingga malam hari. Dari pantauan di lapangan kondisi kota aman dan kondusif.

Langkah ini untuk memberikan jaminan perayaan Natal berjalan aman dan lancar serta memperkuat kebersamaan antar umat beragama. Dalam momen itu hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan unsur forkopimda lainnya. Lokasi yang didatangi yakni Gereja Santo Joseph, Gereja Batak Karo Protestan (Wisma Oikumene), Gereja Kristen Indonesia Penginjil Jalan Ir Djuanda, GKI Zaenal Zakse dan Susteran Santa Lidwina.

"Kami melakukan pemantauan ke sejumlah gereja dan dari pantauan keadaan kondusif dan terkendali," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Upaya tersebut dalam memberikan rasa aman dan nyaman dalam rangka perayaan Natal.

Fahmi menerangkan, personel keamanan dan pemda serta relawan ditugaskan dalam pengamanan perayaaan Natal agar berjalan dengan sebaik mungkin. "Kehadiran kami menunjukkan forkopimda siap menjaga pelaksanaan Natal dan Tahun Baru seluruhnya dalam keadaan aman," kata dia.

Intinya memberikan ketenangan dan rasa nyaman dalam Natal dan Tahun Baru. Di tengah rasa suka cita dan doa yang dipanjatkan sisipkan doa untuk Kota Sukabumi, provinsi dan negeri ini senantiasa dalam kedamaian dan kemajuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement