Sabtu 24 Dec 2022 16:56 WIB

Politikus PDIP: Jokowi tak Pernah Sebut Dukungan ke Capres Tertentu

Dukungan Presiden Jokowi dinilai hanya sekadar intermezo politik.

Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Deddy Yevri Sitorus mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tidak pernah menyebut mendukung pencalonan siapa pun untuk menjadi presiden. Dukungan itu hanya sekadar metafora politik.

"Sejauh ini, Jokowi maupun Istana tidak pernah menyebut mendukung nama bakal calon mana pun, juga tidak pernah menunjukkan preferensi tunggal yang bisa dikatakan memihak atau mempromosikan calon," kata Deddy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Bahwa Presiden beberapa kali menyampaikan gimmick atau metafora politik, tutur Deddy, itu hal yang wajar, menghibur, dan harusnya dianggap sebagai intermezo dalam demokrasi. "Hampir semua pemimpin di negara demokrasi melakukan hal serupa dan tidak ada regulasi atau konstitusi yang dilanggar," kata Deddy.

Bagi Deddy, yang harus diawasi adalah apakah ada penggunaan elemen kekuasaan, anggaran, serta fasilitas negara yang dipakai untuk mempromosikan salah satu bakal calon.

Lebih lanjut, ia juga mengaku tidak melihat ada bukti yang menunjukkan adanya intervensi dari Istana maupun Presiden terhadap demokrasi. "Saya tidak melihat ada bukti yang valid bahwa istana maupun Presiden melakukan intervensi apa pun yang dapat digugat, baik secara hukum maupun etika," kata Deddy.

Oleh karena itu, Deddy menyesalkan taktik berpolitik yang menuding Istana maupun Presiden Jokowi. Deddy menilai, seharusnya berbagai pihak dapat berpolitik dengan lebih elegan, fokus dalam memperbaiki partai, dan mempromosikan calon yang akan didukung.

"Janganlah bermain fitnah dan insinuasi, itu dosa dari sisi agama dan politik kotor yang merusak peradaban politik," kata Deddy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement