Jumat 23 Dec 2022 15:11 WIB

Menhub Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem pada Akhir Tahun

Tol Jakarta-Cikampek sampai Semarang menjadi titik krusial kepadatan kendaraan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah kendaraan melintas menuju arah Jakarta saat pemberlakuan sistem contra flow di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (16/5/2022).
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melintas menuju arah Jakarta saat pemberlakuan sistem contra flow di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (16/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem yang diprediksi oleh BMKG terjadi pada akhir tahun bersamaan dengan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat. Pada tahun 2020, kita ada suatu masalah banjir di jalur tol. Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya resiko banjir," kata Budi saat meinjau jalur Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

Budi mengatakan, telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti kepolisian, BMKG, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya, untuk menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan. Sekaligus langkah menanggulangi risiko banjir.

Untuk menanggulangi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan resiko banjir di jalan tol, sambung dia, upaya yang dilakukan adalah membuat gorong-gorong di jalan tol. Selain itu, juga melakukan rekayasa pembuatan hujan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas, telah disiapkan pemberlakuan manajemen rekayasa lalu lintas, seperti one way atau contra flow. "Korlantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya," kata budi.

Dia mengatakan, jalur Tol Jakarta-Cikampek hingga Semarang, menjadi salah satu titik krusial terjadinya kepadatan di masa libur Natal dan Tahun Baru. Pemantauan jalur tol dilakukan Budi melalui helikopter dengan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sampai ke Cikampek, Kabupaten Karawang.

Setiba di Cikampek, Menhub melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait di kantor Jasa Marga, Km 71b, Cikampek Utama.

Sejumlah jalur tol baru yang perlu diantisipasi terjadi kepadatan yaitu Cisumdawu dan Jakarta Cikampek 2, yang berpotensi terjadi kepadatan.

Selain itu, beberapa titik jalan juga menjadi perhatian karena berpotensi terjadi banjir karena adanya cuaca ekstrem di akhir tahun yaitu di Km 136, Km 151, dan jalan nasional di Jembatan Sungai Cipunegara, Subang.

?Jalur tol dari Jakarta sampai ke Semarang kita prediksi akan terjadi kepadatan. Dari pemantauan kami lewat udara, terlihat peningkatan sudah terjadi namun belum ada kemacetan atau lalu lintas yang tersendat,? ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub meminta pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan di daerah wisata dan melakukan penegakan hukum terhadap bus-bus pariwisata yang melanggar ketentuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement