Rabu 21 Dec 2022 19:34 WIB

Jelang Nataru, DKI Buka Layanan Vaksinasi dari Gereja Hingga Terminal

Layanan sentra vaksinasi nantinya dibuka pada 21-24 Desember 2022

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.
Foto: Dok BNPB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya mempersiapkan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat jelang Natal dan tahun baru (Nataru). Dia mencontohkan, layanan sentra vaksinasi nantinya dibuka pada 21-24 Desember 2022 di beberapa gereja di Jakarta.

“Untuk mendukung perayaan Natal, kami siapkan booth untuk vaksinasi di gereja-gereja besar di tiap kecamatan,” kata Widyastuti dalam keterangannya, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga

Selain itu, kata dia, layanan vaksinasi juga dibuka di 44 puskesmas kecamatan dan tempat-tempat umum seperti mal dan taman yang mudah diakses. Untuk memaksimalkan pelayanan, waktu operasional dibuka sejak pagi hari, dan dilanjut sore pada pukul 16.00-20.00 WIB di hari kerja maupun akhir pekan.

“Masyarakat yang belum lengkap vaksinnya kami imbau untuk segera melengkapi vaksinasinya,” lanjut Widyastuti.

Jelang akhir tahun dan antisipasi perjalanan jarak jauh, beberapa terminal juga dibuka tempat pemeriksaan dan vaksinasi. Selain Terminal Pulogebang (Gedung C lantai 2, depan klinik), Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Tanjung Priok (Lantai 2) disebut Widyastuti juga dibuka.

“Pemeriksaan gratis ini berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, lingkar perut, Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), dan faktor risiko penyakit tidak menular lainnya. Khusus pengemudi akan dilakukan tes keseimbangan dan tes urine,” tuturnya.

Lebih lanjut, sebagai langkah deteksi dini, Dinas Kesehatan DKI juga mengimbau bagi masyarakat jika bergejala batuk, pilek, demam, atau sakit tenggorokan, agar segera melakukan pemeriksaan antigen/PCR yang bisa dilakukan secara gratis di seluruh puskesmas kecamatan DKI Jakarta.

Menurut Widyastuti, kewaspadaan terhadap Covid-19 ini perlu terus dipertahankan apalagi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki penyakit komorbid.

“Selain itu, diimbau pula kepada masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan vaksinasi Covid-19 secara gratis di terminal antarkota DKI Jakarta pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 pukul 10.00-15.00 WIB,” jelas dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement