Rabu 21 Dec 2022 15:41 WIB

Bekali Mahasiswa BSI Explore 2023 dengan Pelatihan Pengabdian Masyarakat

BSI Explore 2023 diharapkan dapat menjadi peluang bagi mahasiswa/i berpikir kritis

BSI Explore 2023 merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk belajar di luar kampus dalam jangka waktu tiga minggu.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
BSI Explore 2023 merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk belajar di luar kampus dalam jangka waktu tiga minggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BSI Explore 2023 merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk belajar di luar kampus dalam jangka waktu tiga minggu.

Salah satu rangkaian kegiatan BSI Explore 2023 adalah pembekalan atau pelatihan yang diberikan kepada para peserta BSI Explore 2023 yang dibagi ke dalam beberapa tahap, salah satunya pelatihan pengabdian masyarakat oleh Taufiq Baidawi selaku Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas BSI, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga

Pelatihan yang dipandu oleh Diah Ayu Ambarsari ini juga dihadiri oleh Ketua Pelaksana BSI Explore 2023 Ade Suryadi dan Ketua Program Studi (Kaprodi) Rekayasa Perangkat Lunak Ahmad Setiadi.

Dalam sambutannya, Ahmad Setiadi mengucapkan selamat kepada mahasiswa/i yang sudah terpilih sebagai peserta BSI Explore 2023 dan berharap agar peserta dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun potensi desa, karena BSI Explore 2023 adalah salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, Taufiq Baidawi berharap agar pengabdian masyarakat melalui BSI Explore 2023 dapat dikemas dalam bentuk kegiatan yang melibatkan dan menunjukkan peran serta aktif pada dosen dan mahasiswa dalam mengaplikasikan hasil riset kepada masyarakat, agar dapat memberikan pengaruh yang baik dalam kualitas pengabdian tersebut.

“Melalui BSI Explore 2023 diharapkan juga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa/i untuk dapat membangun pola pikir yang kritis dan inovatif serta memberikan solusi untuk permasalahan yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua Pelaksana BSI Explore 2023 Ade Suryadi mengatakan bahwa BSI Explore 2023 ini merupakan inspirasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di mana pembelajaran tidak harus dilakukan di kampus secara formal.

Hal ini guna untuk melatih kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dengan menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa dengan mengusung tema ‘Merajut Indonesia, Menginspirasi Negeri’.

Lanjutnya, akan etapi juga dapat dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat guna mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kerja, target dan pencapaiannya. Sehingga terbentuklah hard skill dan soft skill yang berkualitas baik bagi mahasiswa.

“BSI Explore 2023 diselenggarakan di daerah-daerah pedesaan di sekitar kampus Universitas BSI yang tersebar di wilayah Bogor, Bekasi, Karawang, Banten, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement