Selasa 20 Dec 2022 22:04 WIB

Menteri BUMN akan resmikan Kereta Api Mak Itam di Sawahlunto Besok

Erick juga akan meresmikan reaktivasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda
Kereta Api wisata Mak Itam di Sawahlunto yang diresmikan Menteri BUMN, Erick Thohir, Selasa (20/12/2022)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Kereta Api wisata Mak Itam di Sawahlunto yang diresmikan Menteri BUMN, Erick Thohir, Selasa (20/12/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Anggota DPR RI, Andre Rosiade, akan meresmikan Kereta Api (KA) wisata Mak Itam di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, besok, Selasa (20/12/2022). "Di Sawahlunto meresmikan KA Mak Itam," kata Andre Rosiade, Senin (19/12/2022) lalu.

Mereka akan meresmikan reaktivasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban. Jarak dari stasiun kereta api Sawahlunto ke Muaro Kalaban sekitar empat kilometer (km), sepanjang 828 meter di antaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

photo
Kereta Api wisata Mak Itam di Sawahlunto yang diresmikan Menteri BUMN, Erick Thohir, Selasa (20/12/2022) - (Republika/Febrian Fachri)

Jalur ini dibangun 1892 dan sudah mati. Kini, diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang. Yang akan beroperasi di sana, disebut Mak Itam, loko tua yang bahan bakarnya dari batubara.

Selain meresmikan KA Mak Itam, Menteri Erick kata Andre juga akan berhenti untuk mengecek lokasi pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik di jalur Padang-Solok. Untuk rencana Fly Over Sitinjau Lauik ini, pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, perkiraan dananya Rp 1,6 triliun. Proses review desain untuk Panorama I itu untuk exit dan entry-nya karena ada perubahan tikungan.

Setelah itu, Menteri BUMN juga akan direncanakan mampir ke Semen Padang FC dan menyapa pemain serta suporter bola kebanggaan masyarakat Sumatera Barat tersebut. Klub ini diprediksi akan tembus ke liga 1 pada tahun depan. Satu lagi kata Andre, Menteri BUMN akan menyaksikan tandatangan MoU antara KAI dengan Bupati Agam untuk mengurai kemacetan di Pasar Padang Luar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement