Selasa 20 Dec 2022 08:48 WIB

Warga yang Tertimbun Tanah Longsor di Sumedang Ditemukan Tewas

Korban langsung dievakuasi dan diserahkan kepada keluarga untuk segera dimakamkan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ilham Tirta
Tim gabungan membersihkan material tanah longsor (Ilustrasi].
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Tim gabungan membersihkan material tanah longsor (Ilustrasi].

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Acek (50 tahun), korban tertimbun longsor di Kampung Cisepan, Desa Sindulang, Kabupaten Sumedang ditemukan tewas pagi ini, Selasa (20/12/2022). Korban langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan dan diserahkan kepada keluarga untuk segera dimakamkan.

Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan, petugas menemukan korban pada titik di bawah tebing di hari kedua pencarian. Korban tertimbun material tanah longsor pada Senin (19/12/2022) sore.

Baca Juga

"Korban berhasil ditemukan dan langsung dilakukan evakuasi karena sebagian tubuhnya masih di bawah timbunan tanah," ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Ia mengungkapkan, jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka sekitar pukul 07.50 WIB sesuai keinginan keluarga korban. Mereka tidak ingin korban dibawa ke rumah sakit.

"Korban rencananya langsung dimakamkan setelah dimandikan dan dishalatkan," katanya.

Selama proses pencarian, petugas sempat mengalami kendala, yaitu alat berat tidak bisa masuk ke lokasi longsor. Material tanah longsor masih berjatuhan dari tebing sehingga berpotensi terjadi longsor susulan.

"Teknik yang dilakukan tim adalah mengggunakan alkon untuk menggerus tanah yang menimbun korban," katanya.

Joshua mengatakan, operasi SAR pencarian korban longsor resmi ditutup usai korban ditemukan. Total personel yang terlibat mencapai 76 orang dari Basarnas, Koramil, Polsek Cimanggung, Satpol PP, dan masyarakat sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement