Senin 19 Dec 2022 21:21 WIB

BPBD: Jalur Jalan Tertutup Longsor di Sangihe Sudah Terbuka

Hujan mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa wilayah di Kepulauan Sangihe.

Ilustrasi. Sejumlah jalur jalan di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, yang sempat tertutup longsor akibat hujan pada hari Ahad (18/12/2022) kemarin sudah bisa dilalui kendaraan.
Foto: Antara/Ampelsa
Ilustrasi. Sejumlah jalur jalan di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, yang sempat tertutup longsor akibat hujan pada hari Ahad (18/12/2022) kemarin sudah bisa dilalui kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, SANGIHE -- Hujan yang mengguyur Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada Ahad (18/12/2022) siang sampai malam mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa wilayah di daerah itu. Saat ini, sejumlah jalur jalan di daerah itu yang sempat tertutup longsor akibat hujan pada hari Ahad (18/12/2022) kemarin sudah bisa dilalui kendaraan.

"Jalur jalan luar Kota Tahuna yang tertutup longsor, saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Wandu Labesi di Tahuna, Senin (19/12/2022).

Baca Juga

Titik longsor dan banjir yang terpantau BPBD Sangihe berada di wilayah Kecamatan Manganitu yaitu Kampung Barangkalang, Belengang, Lebo, Karatung Dua, Mala dan Kampung Barangka. Dari beberapa titik longsor tersebut di antaranya menutupi ruas jalan Tahuna menuju Kecamatan Manganitu Selatan.

Atas usaha masyarakat dan pemerintah kampung serta kecamatan, sejumlah longsor yang menutupi jalan berhasil diangkat dengan peralatan manual. "Sejumlah material longsor yang menutupi jalan berhasil dibersihkan oleh masyarakat bersama dengan pemerintah setempat sehingga arus lalu lintas sudah kembali normal pada hari ini," kata dia.

Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga sudah melakukan peninjauan wilayah yang dilaporkan terjadi longsor dan banjir. "Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun terjadi kerusakan ringan beberapa rumah penduduk yang sementara di data," kata dia.

Dia juga mengimbau kepada warga masyarakat agar tetap waspada terhadap curah hujan di akhir tahun. "Kami tetap mengimbau kepada warga masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana akibat hujan di akhir tahun," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement