Senin 19 Dec 2022 12:32 WIB

Gulkarmat Padamkan Api di Ruko Empat Lantai di Gunung Sahari

Kerugian kebakaran di Jakpus diperkirakan Rp 500 juta dan tidak ada korban jiwa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah relawan pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar gedung (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO
Sejumlah relawan pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar gedung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat (Sudin Gulkarmat Jakpus) berhasil memadamkan kebakaran ruko empat lantai di Jalan Gunung Sahari Raya Nomor 2B, RT 016, RW 03, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakpus, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakpus, Asril Rizal mengatakan, kebakaran diketahui petugas dari informasi Pos Pasar Baru pada pukul 03.05 WIB. Kemudian, hal itu segera ditindaklanjuti dengan menerjunkan lima unit dengan 25 personel.

Petugas tiba di lokasi pukul 03.10 WIB, kemudian dalam waktu tiga menit sudah langsung dilakukan pemadaman api. Asril menerangkan, terdapat hambatan dalam melakukan pemadaman karena kondisi ruko terkunci sehingga harus dibongkar paksa terlebih dahulu.

Tak hanya itu, sambung dia, kondisi listrik ketika peristiwa terjadi masih menghantarkan aliran. Karena api masih membesar Sudin Gulkarmat Jakpus lantas menambah lagi 13 unit berikut pendukung dengan 65 personel.

Berdasarkan laporan, waktu dilokalisasi pada pukul 03.27 WIB, dan pendinginan dilakukan pukul 03.38 WIB. Asri mengungkapkan, api tersebut berhasil dipadamkan pada pukul 04.20 WIB.

Dari laporan yang diterima, Asril mengungkapkan luas objek ruko empat lantai yang terbakar yakni 600 meter persegi (m2). Kerugian diperkirakan sebanyak Rp 500 juta dan tidak ada korban jiwa.

"Dugaan penyebab sementara belum diketahui karena ruko empat lantai tersebut kosong dan saat terima laporan api sudah membesar," ujar Asril di Jakarta, Senin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement