Ahad 18 Dec 2022 22:36 WIB

Anggota DPR PAN Apresiasi KAI Persiapkan Transportasi Libur Nataru

KAI mempersiapkan 2.236.021 tiket kereta jarak jauh.

Anggota Fraksi PAN DPR RI, Eko Patrio,  saat menjadi pembicara di sosialisasi dengan tema
Foto: istimewa/tangkapan layar
Anggota Fraksi PAN DPR RI, Eko Patrio, saat menjadi pembicara di sosialisasi dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VI DPR RI, Eko Hendro Purnomo  (Eko Patrio) mengapresiasi PT KAI dalam penyiapan transportasi menyambut Natal dan Tahun Baru. Hal ini akan membantu masyarakat yang akan mudik ke daerah.

Kereta api sebagai moda transportasi massal, menurut Eko, kehadirannya sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas masyarakat. Baik aktivitas ekonomi, liburan hingga tradisi pulang kampung saat hari raya keagamaan.

Menurutnya, PT KAI sebagai penyelenggara moda transportasi massal kiprahnya layak diapresiasi. "Dengan adanya kereta api mobilitas masyarakat sangat terbantu,” kata Eko Patrio, dalam siaran pers Ahad (18/12/2022).

Eko menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara di sosialisasi dengan tema 'Kereta Cepat Untuk Indonesia Maju’, di Jakarta, Ahad (18/12/2022).

Sekretaris FPAN DPR RI ini juga melihat PT KAI sudah siap  menyambut Natal dan Tahun Baru 2023. Misalnya, KAI mempersiapkan 2.236.021 tiket kereta jarak jauh untuk liburan Nataru. "Kita lihat kesiapan PT KAI sambut Nataru cukup baik. untuk antisipasi lonjakan penumpang," ungkap Eko Patrio.

Ditambahkannya, guna memperlancar arus mudik Nataru, KAI menambah jumlah dan jadwal perjalanan. Dari informasi yang didapatnya, menurut Eko, KAI telah mempersiapkan rata-rata 484 KA per hari.

Jumlah ini termasuk 56 KA tambahan yang KAI jalankan khusus pada angkutan Nataru. Ini untuk melayani rute favorit seperti Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta pp, Bandung-Surabaya pp, Yogyakarta-Surabaya pp, dan lainnya.

Jumlah KA yang beroperasi pada Nataru tahun ini, jelas Eko, mengalami peningkatan sebesar 29 persen jika dibandingkan pada Nataru tahun lalu, yaitu sebanyak 375 KA. "Jadi jika ada yang mau mudik, silahkan menggunakan KAI ini daripada harus capek-capek nyetir atau bawa kendaraan ke kampungnya. Lebih nyaman, lebih aman juga, selamat sampai tujuan," kata politikus PAN itu.

Selain mengapresiasi kesiapan KAI menyambut Nataru, Eko Patrio juga mengaku bangga atas kemampuan perusahaan transportasi massal milik negara itu, dalam menyediakan transportasi massal modern.

Dikatakannya, KAI memelopori proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). "Dan ini pertama di Asia Tenggara. Hadirnya KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota," ujarnya.

Adanya KCJB diharapkan bisa memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru. Eko menyebut KCJB sebagai pionir kereta api cepat di Indonesia bisa menjadi pusat keunggulan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk ditempa menjadi generasi pertama yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta api cepat di Indonesia.

KCJB mewujudkan mimpi Indonesia memiliki kereta api cepat niscaya membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda. Ini akan mendorong dunia pendidikan dan industri transportasi massal untuk mendalami dan menguasai teknologi kereta api cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement