Ahad 18 Dec 2022 13:34 WIB

Bandara Ahmad Yani Pastikan Kesiapan Layanan Libur Nataru

Berbagai kegiatan telah dilakukan demi memastikan kesiapannya.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andi Nur Aminah
Aktivitas calon penumpang transportasi di Terminal Penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, (ilustrasi)
Foto: dok. istimewa
Aktivitas calon penumpang transportasi di Terminal Penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah siap melaksanakan layanan kepada pengguna jasa bandara dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023. Berbagai kegiatan telah dilakukan demi memastikan kesiapan infrastruktur maupun stakeholder, dalam rangka menjamin kelancaran, keamanan dan kenyamanan kepada para calon penumpang transportasi udara di bandara di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Ihwal ini ditegaskan stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo dalam keterangannya, di Semarang, Ahad (18/12/2022). PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, jelasnya, sudah melaksanakan berbagai persiapan dalam rangka menyambut libur Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Baca Juga

Rangkaian kegiatan yang dimaksud dalam persiapan tersebut -- antara lain -- telah melaksanakan second party audit, airport rescue and fire fighting challenge, random cheking serta inspeksi bersama perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Selain itu juga meyiapkan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di lingkungan bandara. “Rangkaian kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa dalam hal keamanan dan juga kenyamanan saat bepergian melalui bandara,” ungkapnya.

Secara rinci, Heri memaparkan, second party audit atau audit pihak kedua telah dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 13 Desember 2022, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh manajemen pada penyedia produk dan layanan yang beroperasi di bandara dengan tujuan memastikan standar pengelolaan diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian Airport Rescue and Fire Fighting Challenge telah dilaksanakan pada 13 Desember 2022 sebagai upaya memastikan performance para petugas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF). “Dalam Kegiatan ini telah dilakukan latihan bersama yang melibatkan seluruh petugas ARFF dengan petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran Pangkalan Utama Angkatan Darat (PKP-PK Lanumad) Ahmad Yani Semarang,” jelasnya.

Sedangkan untuk memastikan kesiapan fasilitas sisi udara dan sisi darat menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, masih kata Heri, telah dilaksanakan inspeksi bersama dengan tim dari Kemenhub RI, pada tanggal 13 dan 14 Desember 2022.

Kegiatan ini meliputi pengecekan landasan, taxiway, apron, manajemen keselamatan apron, airfield lighting system dan terminal bandara. Airport security dan personel Lanumad juga telah melaksanakan langkah- langkah peningkatan kewaspadaan, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kendaraan di titik masuk menuju Bandara.

Sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan dan dilakukan setiap hari secara acak dalam upaya memastikan tersedianya pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa bandara. Posko Terpadu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 juga telah disiapkan di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang akan beroperasi efektif mulai senin (19/12) sampai dengan 4 Januari 2023 dengan melibatkan para stakeholder terkait.

“Setiap hari, petugas posko akan memantau trafik pergerakan angkutan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan di lingkungan bandara,” tandas Heri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement