Sabtu 17 Dec 2022 19:25 WIB

Seknas Jokowi Apresiasi Kinerja Erick Thohir Sebagai Menteri Terbaik

Berbagai terobosan yang dilakukan telah membuat BUMN makin bertaji.

Monisyah, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: istimewa
Monisyah, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi bersama Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kinerja unggul yang ditunjukkan Erick Thohir dalam mengatur badan usaha milik negara (BUMN), membuatnya didaulat sebagai Minister of The Year (Menteri Terbaik). Berbagai terobosan yang dilakukan telah membuat BUMN makin bertaji.

Seknas Jokowi mengapresiasi capaian kerja Erick Thohir, terutama dalam meningkatkan kualitas kerja BUMN, sehingga bisa menangguk untung, meski ditengah terpaan pandemi Covid-19.

"Erick Thohir telah mampu menyulap BUMN yang tadinya banyak merugi, menjadi meraup untung. Tentu hal ini berdampak pada pemasukan negara," kata Monisyah, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Seknas Jokowi, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (17/12/2022).

"Pak Erick berhasil melakukan gebrakan reformasi dan transformasi di tubuh BUMN menjadi semakin profesional, transparan, dan akuntabel," tuturnya.

Monisyah menilai, ketika terjadi perlambatan ekonomi nasional sebagai dampak dari pandemi Covid-19, Erick berhasil mempertahankan kinerja BUMN. Bahkan, beberapa BUMN justru membukukan keuntungan.

"Pak Erick juga berhasil menyelamatkan BUMN yang terpuruk dan melakukan restrukturisasi pinjaman dan permodalan bidang-bidang usaha plat merah tersebut," urainya. Dicontohkan, Semen Indonesia yang sempat terpuruk saat Covid-19, namun kini kinerjanya mulai membaik.

Hal lainnya, kata Monisyah lagi, gebrakan pembentukan holding BUMN mendorong penguatan permodalan dan efisiensi pengeluaran negara.

"Bisa dikatakan Pak Erick sebagai menteri yang visioner dan memiliki pengalaman dalam berbisnis yang mumpuni. Ekonomi Indonesia tak mungkin bisa bertahan seperti saat ini kalau tidak ada campur tangan beliau," tukasnya.

Ditambahkannya, program digitalisasi yang terus didorong penerapannya di semua BUMN menjadi bukti bahwa dirinya sangat concern soal perkembangan teknologi.

"Pak Erick juga tidak segan mendorong generasi muda untuk bekerja keras dan benar-benar mendalami digitalisasi. Ini modal kuat, tidak saja membangun jiwa enterpreneur, tapi juga generasi yang melek teknologi," kata Monisyah.

Seknas Jokowi mendukung segala upaya perbaikan yang dilakukan Erick Thohir di sektor perekonomian.

"Masyarakat percaya Pak Erick tidak hanya membawa kemajuan bagi Indonesia, tapi juga memberikan dampak besar terhadap perekonomian. Beliau juga sukses ciptakan dampak positif besar pada penguatan ekonomi negeri ini," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement