Rabu 14 Dec 2022 19:56 WIB

Pemkot Jaksel Tata Jalan Poncol Ragunan dengan Mural

Jalan sepanjang 200 meter itu dihias seindah mungkin dengan cat warna-warni.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Anak-anak melintasi pemukiman penduduk yang dihias dengan mural di Jalan Hasbi, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak melintasi pemukiman penduduk yang dihias dengan mural di Jalan Hasbi, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menata Jalan Poncol di RW 04, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu dengan membuat lukisan dinding atau mural. "Dulu lokasi ini tak terawat, setelah kita rombak kini menjadi indah dan nyaman untuk dilihat," kata Lurah Ragunan, Nurcahya di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Nurcahya menjelaskan, jalan sepanjang kurang lebih 200 meter itu dihias seindah mungkin dengan cat warna-warni, lukisan mural, dan ditanami dengan pohonan produktif, bunga, dan tanaman obat keluarga. "Kami berharap adanya hiasan di jalan ini bisa menambah keindahan dan kenyamanan para warga yangmelewatinya," tuturnya.

Pekerjaan itu dilakukan melalui kolaborasi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan masyarakat lainnya.

Menurut Nurcahya, meski masih dalam proses, penataan kawasan di Jalan Poncol sudah terlihat banyak dinikmati oleh warga yang memanfaatkan keindahan dengan berswafoto. "Saat ini pengerjaan sudah mencapai 85 persen, mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai semua," harapnya.

Sebelumnya, Pemkot Jaksel menata tujuh kawasan di wilayah Kecamatan Pasar Minggu untuk memperbaiki sarana dan prasarana. "Ada tujuh kelurahan di Kecamatan Pasar Minggu semuanya sedang melakukan penataan kawasan," kata Camat Pasar Minggu Arief Wibowo.

Arief menambahkan, penataan kawasan merupakan bagian dari program Wali Kota Jaksel Munjirin dalam memperbaiki fasilitas, saran dan prasarana umum milik pemerintah di seluruh kelurahan. Tujuannya pembenahan tersebut agar seluruh fasilitas, sarana dan prasarana umum dapat dinikmati masyarakat.

Menurut Arief, salah satu yang menarik, Kelurahan Pejaten Barat yang berinovasi membuat taman kecil dilengkapi fasilitas kebun binatang mini (mini zoo). Dengan adanya inovasi kreatif tersebut, diharapkan pengerjaan penataan bisa diselesaikan tepat waktu. "Harapannya penataan kawasan ini bisa selesai pada Desember 2022 nanti," ucap Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement