Senin 12 Dec 2022 20:44 WIB

Pj Bupati Muba Resmikan Layanan Internet VSAT STAR-Telkom

Internet Vsat Star/Starlink Produk Space X Elon Musk pertama di Sumatra hadir di Muba

Internet Vsat Star/Starlink Produk Space X Elon Musk pertama di Sumatra hadir di Muba.
Foto: Pemkab Muba
Internet Vsat Star/Starlink Produk Space X Elon Musk pertama di Sumatra hadir di Muba.

REPUBLIKA.CO.ID, LALAN - Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud tidak hanya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan pembenahan jaringan listrik. Namun ia juga melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jaringan internet ke seluruh Kecamatan dan desa di Musi Banyuasin.

Pada program percepatan transformasi digital di Kabupaten Musi Banyuasin kali ini, Pemkab Muba bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia membangun jaringan internet. Tak tanggung-tanggung, Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo Muba memfasilitasi jaringan internet Starlink yang merupakan jaringan internet produk Space X - Starlink Elon Musk bagi warga Lalan. Ini merupakan kali pertama jaringan internet Telkom Vsat Star hadir di Pulau Sumatra tepatnya Kecamatan Lalan Kabupaten Muba Provinsi Sumatra Selatan 

Baca Juga

"Layanan internet Starlink ini dipusatkan di Kantor Kecamatan. Namun warga Lalan bisa memanfaatkannya untuk mengakses internet," ungkap Apriyadidi sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa dalam Wilayah Kecamatan Lalan Periode 2022 - 2028, Senin (12/12/2022). 

Meski berada di kawasan paling ujung daerah perairan Musi Banyuasin, tapi Pemkab Muba memberikan pelayanan pembangunan yang merata diseluruh daerah Musi Banyuasin. Oleh karena itu Kecamatan Lalan harus mendapatkan perhatian yang sama dengan Kecamatan lainnya. 

"Dengan menginap di Lalan ini saya lebih tahu detil kondisi warga Lalan. Listrik, jalan, infrastruktur jaringan internet, dan layanan BTS provider menjadi PR prioritas saya. Insya Allah dalam waktu dekat solusinya ada dan nyata. Soal listrik beri waktu saya enam bulan, kita janjikan akan lebih stabil nantinya," ungkapnya.

photo
Internet Vsat Star/Starlink Produk Space X Elon Musk pertama di Sumatra hadir di Muba. - (Pemkab Muba)
 

Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyebut dalam rangka pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Pemkab Muba bersama pihak Telkom melakukan pembangunan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan. Selain itu dilakukan pemasangan internet satelit Vsat dan Vsat Star untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Lalan dan Keluang.

"Nah, untuk layanan internet Vsat Star (Starlink) hari ini telah diresmikan langsung oleh Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi yang dipusatkan di kantor Kecamatan Lalan. Saat ini layanan internet Vsat Star sudah on dan dapat diakses dan dipergunakan untuk layanan internet yang langsung akses ke satelit oleh pemerintah kecamatan dan warga Kecamatan Lalan," tukasnya.

Selain itu di Kecamatan lalan juga akan segera dibangun BTS oleh Telkomsel antara lain di Desa Mulya Jaya,Desa Ringin Agung, Desa Karang Makmur, Desa Mekar Sari, dan Desa Tri Mulya Agung. BTS juga akan dibangun di Desa Karya Mukti, Desa Sari Agung, Desa Srigading. "Saat ini masih dalam tahap proses perencanan pihak Telkomsel," ungkap Sinulingga. 

Camat Lalan, Andi Suharto, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Apriyadi bersama Forkopimda dan juga menginap semalam di Lalan. "Banyak yang sudah dialokasikan Pak Apriyadi untuk Lalan. Salah satunya jaringan internet Star Link untuk warga Lalan yang sekarang sudah bisa kami gunakan. Alhamdulillah jaringan internet Starlink produk Elon Mask yang dibranding oleh Telkom VSAT Star meluncur di Kecamatan Lalan dan sudah terinstalasi dengan baik," ujarnya.

Internet Starlink produk Telkom Indonesia tersebut sudah aktif dan hari ini secara resmi telah dilaunching dan diresmikan pemakaiannya oleh Pj Bupati Apriyadi. Peresmian ini bertepatan dengan pelantikan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2022.

Andi mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Apriyadi atas program percepatan layanan transformasi digital menuju Lalan canggih. Ia juga berterima kasih kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Herryandi Sinulingga berserta jajaran dan GM Telkom Indonesia Witel Sumsel Setiawan Nugroho bersama jajaran atas terobosan pemasangan Vsat starlink Pertama di Pulau Sumatera di Kecamatan Lalan.

"Kami bangga dan kami bahagia. Salam Smart Solid dan Speed Menuju Transformasi Digital Musi Banyuasin," tegas Andi.

Secara terpisah, GM Telkom Indonesia Setyawan Nugroho membenarkan jaringan internet via satelit Yang dibangun di Kecamatan lalan merupakan produk Space X Elon Musk yang di rebranding Oleh Telkom Indonesia menjadi Vsat Star. Jaringan terudah on dan aktif bisa langsung diakses oleh pihak Kecamatan Lalan dan warga Lalan.

"Produk layanan ini kita lakukan karena permintaan Pj Bupati untuk percepatan akses internet di pelosok daerah Musi Banyuasin. Ini juga merupakan hasil tindak lanjut MoU yang telah disepakati antara Pemkab Musi Banyuasin dan Telkom Indonesia Witel Sumsel beberapa waktu lalu untuk mendukung penuh Program Pemkab Musi Banyuasin Menuju Muba Smart Regency," pungkasnya.

Perwakilan Telkom yang hadir saat peluncuran Jaringan VSat Star (Starlink) di Kecamatan lalan antara lain Agus Setiawan (Kakandatel Musi Banyuasin-Prabumulih-Ogan Ilir & OKI), Zaid (Hero Datel Musi Banyuasin-Prabumulih-Ogan Ilir & OKI), Dwi Putra (Account Manager Gov Witel Sumsel), dan Socfin Butar Butar (Telkomsat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement