Senin 12 Dec 2022 14:08 WIB

JAKI Berhasil Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2022

Prestasi ini menjadi motivasi untuk mengoptimalisasi lagi transformasi digital.

Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha (kedua kanan) berpose bersama setelah menerima Top 45 Inovasi dari Kementerian PAN RB, baru-baru ini.
Foto: Istimewa
Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha (kedua kanan) berpose bersama setelah menerima Top 45 Inovasi dari Kementerian PAN RB, baru-baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mendorong reformasi birokrasi yang lebih berdampak, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) membuat sejumlah terobosan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pada tahun ini, Kementerian PANRB menyelenggarakan beberapa rangkaian acara, berupa Anugrah Pelayanan Publik, Penyerahan Simbolis Hasil Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, serta Penganugerahan Zona Integritas 2022, dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”.

Pada ajang kali ini, Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan Top 45 (Terpuji) Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Penghargaan ini diterima berkat Inovasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di DKI Jakarta.

Kepala Unit Pelaksana Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, menghadiri Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Inovasi Birokrasi 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) pada Selasa, 6 Desember 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan .

Baca juga :Demi Lindungi Privasi, Ini Cara 'Sensor' Rumah di Google Maps

“Penghargaan ini menjadi bukti transformasi digital dapat membangun ekosistem yang berkelanjutan dalam menciptakan efisiensi dan efektivitas pada pelayanan publik. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk mengoptimalisasi lagi transformasi digital, baik di Jakarta maupun daerah lainnya.” ujar Yudhistira Nugraha, Kepala UP JSC, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (12/12/2022).

Lewat ajang KIPP dari Kementerian PANRB, perjalanan Inovasi JAKI tentang Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik awalnya berhasil masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022 dan menjadi satu-satunya yang mewakili Provinsi DKI Jakarta.

Setelah diseleksi, JAKI akhirnya menjadi bagian dari Top 45 (Terpuji) Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). 

Penghargaan ini diterima berkat Inovasi JAKI dalam Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di DKI Jakarta.

Kepala Unit Pelaksana Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, menghadiri Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Inovasi Birokrasi 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PAN RB) pada Selasa, 6 Desember 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan .

Baca juga : Sistem Teknologi Ini Siap Tekan Penularan Covid-19 di Dalam Ruangan

“Penghargaan ini menjadi bukti transformasi digital dapat membangun ekosistem yang berkelanjutan dalam menciptakan efisiensi dan efektivitas pada pelayanan publik. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk mengoptimalisasi lagi transformasi digital, baik di Jakarta maupun daerah lainnya,” ujar Yudhistira Nugraha, Kepala UP JSC, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta.

Lewat ajang KIPP dari Kementerian PANRB, perjalanan Inovasi JAKI tentang Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik awalnya berhasil masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022 dan menjadi satu-satunya yang mewakili Provinsi DKI Jakarta.

Setelah diseleksi, JAKI akhirnya menjadi bagian dari Top 45 (Terpuji) Inovasi Pelayanan Publik dalam Anugerah Inovasi Pelayanan Publik. Raihan JAKI kali ini merupakan penghargaan kedua yang diraih Pemprov DKI Jakarta dalam kategori transformasi digital pelayanan publik dalam sepekan terakhir.

Pada 1 Desember 2022, Pemprov DKI Jakarta juga berhasil meraih Apresiasi Daya Saing Digital Indonesia kategori Best Practices East Venture-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) dalam ajang Regional Summit 2022.

Baca juga : Doodle Peringati Kelahiran Donald Pandiangan, Robinhood-nya Indonesia

Kategori ini spesial, karena diberikan kepada wilayah yang secara konsisten selalu menjadi peringkat pertama pada EV-DCI. Ajang ini merupakan agenda tahunan Katadata Insight Center (KIC) East Ventures yang telah berjalan sejak 2020.

Lewat ajang Regional Summit, KIC dan East Ventures turut memberikan penghargaan terhadap 5 provinsi dan 21 kota kabupaten yang meraih pertumbuhan indeks tertinggi dalam EV-DCI 2022, yakni pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar, serta 50 indikator. Provinsi dan kota tersebut berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, Sulawesi, serta  Maluku-Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement