Ahad 11 Dec 2022 06:45 WIB

Anies Sebut Sinyal Koalisi Demokrat-PKS Terbuka

Anies menyebut terus berkomunikasi dengan Demokrat dan PKS

Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan menyebut terus berkomunikasi dengan Demokrat dan PKS
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan menyebut terus berkomunikasi dengan Demokrat dan PKS

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR- Bakal Calon Presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Rasyid Baswedan mengatakan sinyal koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih berpeluang terbuka untuk menghadapi Pemilu Presiden 14 Februari 2024.

"Kami selalu mengadakan silaturahim, dengan pimpinan wilayah, daerah Partai NasDem, Demokrat dan PKS juga itu akan kami lakukan," ujar Anies usai mengkuti Rapat Akbar dan Silaturahmi Partai NasDem Sulsel di gedung Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/12/2022).

Baca Juga

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, konsolidasi dan komunikasi terus berjalan dengan Parpol lain. Bahkan biasanya dalam setiap pertemuan-pertemuan tetap mengakomodir unsur dari daerah-daerah.

"Kita berharap yang dibangun ini bukan hanya untuk eksekutif tapi juga legislatif, karena bagaimana pun juga ikhtiar perjuangan ini bersama eksekutif dan legislatif," tutur mantan Menteri Pendidikan di era pemerintahan pertama Presiden Joko Widodo ini.

Saat ditanyakan dengan gencarnya melaksanakan safari politik di berbagai daerah termasuk di Sulsel hingga dituding pihak tertentu telah berkampanye lebih awal di luar jadwal penyelenggara pemilu, kata dia, belum masuk jadwal dan di undang-undang ada hak warga negara menyampaikan pendapat.

"Setiap warga negara berhak untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat kapan saja dimana saja. Karena ini negeri demokrasi, kebebasan berpendapat, berserikat dilindungi undang-undang," ucapnya.

Wakil Ketua DPP NasDem, Ahmad Ali, pada Rapat Akbar itu memaparkan, dalam perjalanan politik meskipun banyak perdebatan, salah tafsir hingga menuding Anies Baswedan telah curi start, kampanye lebih awal, namun kata dia, itu bukan pelanggaran.

"Anies belum menjadi calon presiden, belum mendaftar di KPU. Aturan KPU berlaku ketika tahapan sudah dilaksanakan. Hari ini, konsolidasi Partai NasDem sebagai bentuk mengawal keputusan Ketua Umum (Surya Paloh) menetapkan Anies dari Partai NasDem," katanya.

Dari jadwal safari politik Anies di Sulsel, setiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dikawal simpatisan bergerak menuju Kampus Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk membawakan kuliah umum.

Selanjutnya santap siang dirangkaikan silaturahmi bersama Forum Dosen di lokasi empang milik mantan Menteri Pertanian sekaligus Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman.

Usai menyerap aspirasi dari para dosen, Anies menuju gedung CCC untuk menghadiri Rapat Akbar dan Silaturahim Partai NasDem Sulsel bersama kader, simpatisan partai dan mengukuhkan puluhan relawannya. Selanjutnya bergerak ke Masjid Al Markaz Al Islami untuk melaksanakan sholat Magrib.

Kemudian menghadiri makan malam bersama tokoh masyarakat dan pemuka agama. Rencananya, Anies juga akan menghadiri jalan santai bersama masyarakat di Kabupaten Pangkep pada Minggu (11/12/2022) pagi. 

 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement