Jumat 09 Dec 2022 13:22 WIB

Jokowi: Ibu Iriana Nangis Terus, Lalu Kaesang Ikut Nangis

Prosesi siraman Kaesang diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi.

Rep: C02/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan suasana haru ketika sungkeman yang menjadi salah satu prosesi sebelum pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono.
Foto: Republika/Alfian
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan suasana haru ketika sungkeman yang menjadi salah satu prosesi sebelum pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan suasana haru ketika sungkeman yang menjadi salah satu prosesi sebelum pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono. Tangis Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kaesang sempat pecah saat proses sungkeman yang berlangsung di kediaman pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) pagi, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kaesang menitikkan air mata. 

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik lancar. Ibu Iriana dulu yang nangis terus mas Kaesang ikut nangis, mas Bobby (Nasution, menantu Jokowi) yang nggak di anu (siraman dan sungkeman) aja ikut nangis," katanya, usai prosesi siraman dan sungkeman.

Baca Juga

Prosesi tersebut diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediamannya. Setelah itu, sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo. 

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu, yaitu Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Selepas itu, Jokowi memotong rambut Kaesang. Prosesi dilanjutkan dengan Jokowi menggendong anak bungsunya tersebut. 

Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman. Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita, Erina Gudono, di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement