Kamis 01 Dec 2022 20:22 WIB

BRIN: Perkuat Bangunan Agar Tahan Gempa

Keruntuhan bangunan jadi penyebab kematian terbesar terkait gempa.

Pengungsi berjalan di depan bangunan yang roboh akibat gempa di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Pemerintah memastikan akan menyalurkan bantuan dana kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa. Bantuan tersebut dibagi menjadi tiga jenis, untuk kerusakan berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta, kerusakan sedang Rp25 juta dan kerusakan ringan Rp10 juta. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Sementara itu, Profesor Riset BRIN Bidang Ilmu Kebumian Danny Hilman Natawidjaja mengatakan gempa terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, karena sumber gempa di darat dari satu sesar aktif di dekat Cianjur yang belum terpetakan sebelumnya. Itu merupakan satu sumber gempa yang belum diketahui sebelumnya.

"Dekat dengan jalur Sesar Cimandiri yang sudah dikenal sejak lama, namun itu bukan di Sesar Cimandiri," ujarnya.

Menurut Danny, gempa memang tidak dapat diprediksi. Akan tetapi persiapan menghadapi bencana tersebut harus dilakukan, baik di tata ruang maupun di kode bangunan , yaitu struktur bangunan yang tahan gempa untuk meminimalkan korban jiwa dan kerusakan.

"Kebanyakan kerusakan terjadi penyebabnya adalah struktur bangunan yang tidak tahan gempa. Strukturnya tidak baik," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement