Jumat 25 Nov 2022 17:22 WIB

Masjid Agung Solo Sumbang Dana Infaq Jumat untuk Korban Cianjur

Penyaluran bantuan yang terkumpul Rp 14,5 juta dilakukan melalui Baznas Kota Solo.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Petugas membersihkan serambi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah, Ahad (11/4/2021). Kegiatan tersebut untuk memberikan rasa nyaman bagi jamaah saat menjalan ibadah bulan suci Ramadhan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.
Foto: Antara/Maulana Surya
Petugas membersihkan serambi Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah, Ahad (11/4/2021). Kegiatan tersebut untuk memberikan rasa nyaman bagi jamaah saat menjalan ibadah bulan suci Ramadhan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Masjid Agung Solo menyumbangkan dana infaq untuk korban gempa Cianjur. Dana yang terkumpul setidaknya mencapai Rp 14,5 Juta. Ketua Takmir Masjid Agung Solo Muhtarom mengatakan tujuannya disumbangkannya uang infaq hari Jumat (25/11/2022) tersebut adalah karena rasa prihatin atas musibah yang terjadi di Cianjur.

"Kami turut prihatin atas saudara-saudara kami yang baru menerima musibah yang luar biasa, banyak korban yang berjatuhan. Kerugian secara material juga luar biasa, maka kita umat Islam di Solo khususnya jamaah di masjid Agung menginisiasi untuk peduli kepada saudara-saudara kita di Cianjur," katanya, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga

Selanjutnya, Muhtarom mengatakan hasil dari seluruh infaq pada Jumat hari ini akan disumbangkan seluruhnya untuk korban Cianjur melalui Baznas Kota Solo. "Seluruhnya kita sampaikan ke Cianjur melalui Baznas Solo, setidaknya terkumpul Rp 14 juta lima ratusan, tapi untuk kotak infaq khusus juga terus kita pasang, nanti ketika sudah terkumpul lagi akan kita sumbangkan lagi," katanya.

Muhtarom juga mengatakan selain dilakukan penyumbangan, pihaknya juga menggelar shalat gaib berjamaah usai Jumatan. " Kita doakan semoga, mudah-mudahan seluruh korban yang menimpa saudara-saudara kita di Cianjur diterima oleh Allah ta'ala sebagai syuhada, kita prihatin sekali mudah-mudahan Indonesia aman tentram, kemudian dijauhkan dari musibah," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Solo Mohammad Qayyim mengatakan hasil sumbang infak ini akan disalurkan melalui pihaknya. Kemudian, dari tingkat kabupaten dan kota akan dikumpulkan melalui tingkat provinsi.

"Alhamdulillah dari Masjid Agung untuk dana infaq yang sudah terhimpun hari ini memang akan disalurkan melalui kami, jadi baznas yang ada di provinsi mengumpulkan yang ada di kabupaten terus hasil itu disalurkan," terangnya.

Qayyim mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya sudah menyerahkan dana sebesar Rp 10 juta kepada Baznas provinsi. Dana tersebut pun sudah disalurkan ke Cianjur. "Kalau dana hari ini akan kita kumpulkan dulu, karena ternyata inspirasi dari Masjid Agung ini menular ke masjid-masjid yang lain, ternyata juga ada masjid yang menyerahkan dana infaqnya ke Baznas," ujarnya.

Sementara itu, terkait apakah penyaluran bantuan tersebut akan berupa uang atau kebutuhan yang korban Cianjur, pihaknya mengatakan akan menunggu rapat sekaligus hasil asesmen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement