Jumat 25 Nov 2022 15:08 WIB

Pemkot Tasikmalaya Kirim Tagana untuk Bantu Penanganan Pascagempa Cianjur

Tasikmalaya telah menerjunkan tim kedua ke Cianjur

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nur Aini
Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, saat diwawancara usai melepas keberangkatan Tagana Kota Tasikmalaya untuk membantu penanganan pascagempa di Kabupaten Cianjur, di Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (25/11/2022).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, saat diwawancara usai melepas keberangkatan Tagana Kota Tasikmalaya untuk membantu penanganan pascagempa di Kabupaten Cianjur, di Bale Kota Tasikmalaya, Jumat (25/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melepas keberangkatan sejumlah personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu penanganan pascagempa di Kabupaten Cianjur, Jumat (25/11/2022). Tim itu nantinya akan bergabung dengan tim yang sudah berada di lapangan sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, mengatakan, Tagana merupakan tim kedua yang diberangkatkan dari Kota Tasikmalaya. Sebelumnya, Pemkot Tasikmalaya telah menerjunkan beberapa petugas dari dinas kesalahan untuk membantu penanganan pascagempa di Kabupaten Cianjur. "Sebelumnya juya kita telah mengirim tim dari dinas kesehatan, hari ini tagana. Senin besok juga BPBD akan berangkat," kata dia, Jumat.

Baca Juga

Selain menerjunkan personel, Cheka menambahkan, Pemkot Tasikmalaya juga mengirimkan sejumlah kebutuhan logistik untuk para korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Pemkot Tasikmalaya disebut siap mengirimkan bantuan tambahan sesuai kebutuhan yang diperlukan di lokasi. "Nanti kita lihat kebutuhan apa yang masih diperlukan. Kalau masih ada yang dibantu, kami akan kirim juga," ujar dia.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Hendra Budiman, mengatakan terdapat 12 orang personel dari Tagana Kota Tasikmalaya yang diterjunkan ke Kabupaten Cianjur untuk membantu penanganan pascagempa. Di Kabupaten Cianjur, tim Tagana dari Kota Tasikmalaya akan bergabung dengan Dinas Sosial Provinsi Jabar. "Tim tentunya akan terbagi ke berbagai titik, ada yang ke dapur umum dan penanganan psikososial. Karena kan bencana ini pasti menimbulkan trauma," kata dia.

 

Selain itu, menurut Hendra, sebagian personel kemungkinan akan ikut membantu pencarian korban. Pasalnya, masih banyak korban yang masih belum ditemukan.

Menurut dia, rencananya Tagana Kota Tasikmalaya akan membantu penanganan pascagempa di Kabupaten Cianjur hingga dua pekan ke depan. Namun, tim yang diberangkatkan saat ini nantinya akan diganti tim baru setelah sepekan. "Kami juga harus jaga kondisi tim di lapangan, biar optimal. Mudah-mudahan penanganan cepat selesai," kata dia.

Selain mengirimkan personel, Hendra mengatakan, Pemkot Tasikmalaya juga menyalurkan 100 paket sembako, baju layak pakai, makanan siap saji, selimut, dan terpal. Ia berharap bantuan itu dapat bermanfaat untuk para korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. "Ini pengiriman pertama dari Tagana Kota Tasikmalaya, karena kita mengumpulkan bantuan dulu. Kita kan tidak ke sana hanya dengan personel," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement