Kamis 24 Nov 2022 19:49 WIB

Vaksinasi Hewan di Jabar Capai 200 Ribu

Pemprov Jabar mencatat vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Jabar mencapai 200 ribu

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Peternak memberi makan kambing di Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemprov Jabar mencatat vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Jabar mencapai 200 ribu ternak.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Peternak memberi makan kambing di Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemprov Jabar mencatat vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Jabar mencapai 200 ribu ternak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak diprediksi belum akan hilang setidaknya hingga 2035. Menurut Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Supriyanto, hal tersebut tidak terlepas dari tingginya jumlah hewan ternak seiring tingkat konsumsi masyarakat yang juga tinggi, termasuk di Jawa Barat.

Supriyanto menjelaskan, kondisi tersebut pun berdasarkan peta jalan yang sudah disusun pemerintah pusat. Saat ini, jumlah hewan ternak di Jawa Barat mencapai 750 ribu. Namun di sisi lain, tingkat kesadaran peternak akan kebersihan masih dirasa sangat kurang.

Baca Juga

"Intinya pencegahan itu dari tingkat kebersihan. Makanya ini harus diintensifkan," ujar Supriyanto di seminar Jawa Barat Juara Menuju Bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kamis (24/11/2022).

Penyebaran virus PMK ini, kata dia, diperparah oleh masih sedikitnya jumlah vaksin. Makanya yang diprioritaskan untuk divaksin adalah sapi dan kerbau, karena nilai ekonominya tinggi.

 

"Pada tahun 2022 ini, kami optimis vaksinasi hewan ternak di Jawa Barat sudah mencakup 200 ribu lebih hewan kurban," katanya.

Supriyanto mengatakan, penyebaran virus PMK sangat mudah terjadi, seperti melalui kandang, kendaraan saat perpindahan, dan petugas peternakan yang tidak mengutamakan kebersihan.

"Harusnya sanitasi dan disinfeksi diutamakan. Kandang dan kendaraan harus rutin dibersihkan, termasuk dengan rutin membuang kotoran, lalu didisinfektan," katanya.

Selain itu, kata dia, petugas peternakan juga harus mengutamakan kebersihan. "Apalagi kalau dari luar mau ke kandang, bajunya harus didisinfektan, sepatunya juga.  Agar virus-virus dari luar tidak terbawa ke kandang," katanya.

Tak hanya itu, kata dia, proses isolasi terhadap hewan kurban mutlak diperlukan. "Hewan yang sehat harus dipisahkan. Juga ketika ada hewan datang, harus diisolasi dulu. Ini salah satu kunci pentingnya," katanya.

Untuk mencegah penularan yang lebih massif lagi, pihaknya mengingatkan agar pengelola peternakan agar lebih mementingkan kebersihan. "Kuncinya itu, dari kebersihan, terutama saat pengiriman/perpindahan hewan," katanya.

Jawa Barat, kata dia, menjadi daerah tujuan hewan ternak dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan provinsi lainnya. "Saat pengiriman, kebersihan harus diperhatikan. Sanitasi, sebelum menaikkan hewan, pastikan kendaraannya bersih," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement