Selasa 22 Nov 2022 11:25 WIB

Indonesia Dinilai Butuh Radar Terbaik

Indonesia sangat memerlukan banyak fasilitas radar teknologi tinggi.

Radar. Ilustrasi
Foto: Newshome.us
Radar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Komisi 6 DPR RI, Muhammad Rapsel Ali menilai Indonesia sangat memerlukan banyak fasilitas radar teknologi tinggi, baik itu untuk militer maupun sipil.

“Airnav masih banyak kekurangan radar meskipun sudah kita setujui memberikan suntikan dana Rp790 miliar melalui skema Penyertaan Modal Negara (PMN),” tegas Rapsel, dalam keterangan tertulisnya Jumat, 18 November 2022.

Baca Juga

Namun, Rapsel mengakui bahwa angka itu memang belum bisa maksimal. “Dengan negara kita begitu luas maka anggaran sebesar itu terlalu sedilkit dibanding dengan keselamatan manusia. Negara kita,"  katanya.

Rapsel mengatakan, persoalan ini bukan hal sepele. “Jika pertahanan udara bobol, maka pertahanan darat pun juga bisa ikut jebol,” kata Rapsel.

“Radar udara, radar laut, maupun radar darat secara teknolgi harus terintegerasi sebagai satu kesatuan. Terintegrasi dengan alutsista utama sehingga radar sangat dibutuh negara kita,” ujarnya.

Makanya, Rapsel berharap dukungan semua pihak. "Aairnav bukan hanya harus didukung Komisi 6 terkait PMN. tapi juga harus mendapat dukungan dari Kemenhub selaku mitra strategis Airnav," katanya.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa secara mengejutkan mengakui mereka sempat kecolongan saat menjaga KTT G20 Bali. Dua pesawat asing yang datang menurutnya sempat tidak terdeteksi radar.

“Ada pesawat-pesawat, saya tidak ingin menyebutkan (pemiliknya), kedatangan itu tidak terdeteksi aplikasi yang komersil. Tapi dari aplikasi TNI, kita tahu bahwa oh, ini yang datang,” ungkapnya dalam video yang beredar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement