Senin 21 Nov 2022 08:41 WIB

Kabupaten Bekasi Jadi Juara Umum Porprov Jabar 2022

Pemkab Bekasi memberi hadiah Rp 100 juta bagi atlet peraih medali emas.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan.
Foto: Dok Pemkab Bekasi
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kontingen Kabupaten Bekasi menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat (Jabar) pada 12-19 November 2022 seusai mengemas total 451 medali. Perinciannya, Kabupaten Bekasi mendapatkan 189 emas, 139 perak, dan 123 perunggu.

"Artinya kita bukan jago kendang tapi sang juara sejati. Ini kemenangan warga Kabupaten Bekasi. Gelar ini membawa dua catatan bersejarah," kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jabar, Ahad (20/11/2022).

Catatan sejarah pertama itu diukir Kabupaten Bekasi, lantaran jumlah torehan medali tertinggi sepanjang perjalanan kontingen di ajang Porprov Jabar. Dan kedua, meraih juara umum bukan di daerah sendiri.

Dani menyebutkan, hasil itu mengalahkan perolehan medali Kabupaten Bekasi saat menjadi juara umum pada 2014. Ketika itu, kontingen Kabupaten Bekasi yang menjadi tuan rumah meraih 387 medali di antaranya 154 emas, 118 perak ,dan 115 perunggu.

Di ajang Porprov XIV Jabar tahun ini, Kabupaten Bekasi unggul jauh dari pesaing terdekat sekaligus juara sebelumnya, yakni Kabupaten Bogor yang hanya mampu meraih 392 medali, terdiri 139 emas, 130 perak, dan 123 perunggu.

Dani mengatakan, gelar juara umum ini merupakan hasil dari perjuangan panjang KONI Kabupaten Bekasi didukung Dispora Kabupaten Bekasi dalam membina para atlet. Bahkan, program pemenangan juara umum ini telah digulirkan sejak beberapa tahun lalu.

Melalui strategi sport intelligence terukur, Kabupaten Bekasi fokus memantau perkembangan atlet serta memetakan kekuatan setiap cabang olahraga. Komitmen untuk mengikat para atlet pun dilakukan sejak lama hingga melahirkan loyalitas dan militansi di arena pertandingan.

"Pertama dan paling utama kami sudah melakukan sport intelligence, kami amati kekuatan atlet per cabangdari atlet kita dan kabupaten lain. Di situ kita membangun kekuatan dan membangun komitmen, bekerja keras untuk mengikat semua atlet," ucap Dani.

Terkait bonus bagi para atlet, Dani memastikan komitmen, yaitu Rp 100 juta untuk medali emas. Bahkan, dia sedang mengupayakan agar pemerintah turut menanggung pajak sehingga bonus yang diterima atlet utuh.

"Sesuai dengan komitmen kami insya Allah tidak akan berkurang dari bonus yang diberikan. Sesuai peraturan perundangan, bonus itu dipotong pajak tapi karena komitmen kami, kami upayakan agar pajaknya juga ditanggung pemerintah, jadi diterima utuh oleh atlet," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah memastikan bonus untuk para atlet akan dicairkan pada tahun anggaran 2023. "Alhamdulillah sudah menjadi juara umum, ini kerja keras semua pihak," ujar Holik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement