Ahad 20 Nov 2022 06:12 WIB

Gempa Guncang Selatan Jawa Barat, Warga Kaget

Guncangan gempa dirasakan warga sekitar 10 detik.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa bumi terjadi di wilayah selatan Jawa Barat (Jabar) pada Ahad (20/11/2022) dini hari. Guncangan gempa bumi bahkan dirasakan hingga Kota Tasikmalaya. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, guncangan gempa terasa cukup kuat di wilayah Kota Tasikmalaya. Bahkan, lemari di dalam rumah sampai bergoyang. "Gempa. Ya Allah gede banget," kata salah seorang warga Kota Tasikmalaya, Annisa (31 tahun).

Baca Juga

Guncangan yang dirasakannya itu membangunkannya dari tidur. Menurut dia, guncangan gempa itu dirasakannya sekitar 10 detik. "Kaget juga. Saya langsung lari keluar kamar," ujar dia.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi yang terjadi pada pada Ahad pukul 01:28:28 WIB itu memiliki kekuatan magnitudo 5,3. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 24 kilometer di koordinat 8,11 LS-107,87 BT atau 82 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran, Jabar. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya. 

Dalam video yang beredar di sebuah grup WhatsApp, suasana Pantai Barat Pangandaran terpantau aman pascagempa sekitar pukul 01.37 WIB. Tidak ada perubahan kondisi laut setelah terjadinya gempa bumi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement