Jumat 18 Nov 2022 18:56 WIB

Ingin Pendidikan di Surabaya Lebih Bermutu dan Humanis

Para guru bisa menimbulkan rasa dan ikatan bathin yang kuat dengan muridnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri).
Foto: Dokumen
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan, pendidikan di Kota Pahlawan harus bermutu dan humanis. Soal mutu, Eri meyakini pendidikan di Surabaya sudah baik. Namun soal humanis, menurutnya perlu lebih ditingkatkan agar siswa memiliki rasa segan dan hormat pada gurunya.

"Kalau soal mutu pendidikan jangan ditanya lagi, Surabaya pasti bermutu. Tapi kalau soal humanis, itu perlu digarisbawahi, bagaimana kita menjadikan siswa ini memiliki rasa segan dan hormat pada gurunya," kata Eri di Surabaya, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga

Eri menekankan, para guru bisa menimbulkan rasa dan ikatan bathin yang kuat dengan muridnya. Ketika guru memiliki keterikatan batin dengan muridnya, maka karakter pada murid akan terbentuk, hingga menjadi bekal ketika mereka dewasa nanti. "Karena tugas saya dengan panjenengan (guru) itu tujuannya satu, menciptakan anak-anak yang memiliki jiwa pemimpin bangsa dengan akhlakul karimah," ujarnya. 

Eri juga meminta para guru menanamkan rasa saling tolong-menolong dan peduli terhadap sesama, kepada muridnya. "Yang paling penting lagi itu, murid di Surabaya harus menjadi anak yang berkarakter. Jangan sampai, anak itu menjadi pintar, tapi tidak memiliki karakter," kata dia.

 

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh menyampaikan, pada peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-77 PGRI 2022, pihaknya akan mengubah beberapa hal. Di antaranya, soal penambahan bangunan sekolah dan perubahan jam belajar.

“Kemarin kan sudah ada pendidikan karakter. Nah, untuk saat ini itu ada sekolah yang mempunyai jadwal belajar mengajar dua shift pagi dan siang, nanti kita ubah menjadi satu shift. Karena kalau dua shift, itu akan mempengaruhi psikologi dan kesehatan, serta kualitas belajar murid,” kata Yusuf.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement