Kamis 17 Nov 2022 14:54 WIB

Walkot Bandung Tambah PJU dan CCTV Cegah Kasus Begal

Walkot Bandung menambah jumlah PJU dan CCTV untuk mencegah kasus begal.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan menambah jumlah PJU dan CCTV untuk mencegah kasus begal.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wali Kota Bandung Yana Mulyana akan menambah jumlah PJU dan CCTV untuk mencegah kasus begal.

REPUBLIKA.CO.ID, Walkot Bandung Tambah PJU dan CCTV Cegah Kasus Begal (Ada Fotonya)

BANDUNG- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku prihatin atas peristiwa dua orang pengendara motor yang tewas dibegal di Jalan Sudirman, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Ia mengintruksikan jajaran menambah penerangan jalan umum (PJU) dan kamera CCTV.

Baca Juga

"Saya tetap mengingatkan warga masyarakat kalau tidak ada kepentingan malam jangan keluar tapi kalau terpaksa ya hati-hati," ujarnya di Balai Kota Bandung, Kamis (17/11/2022).

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya menambah infrastruktur jalan, seperti lampu penerangan dan kamera CCTV. Yana mengatakan, pelaku begal yang menganiaya dua orang korban sempat terpantau kamera CCTV.

"Faktanya kan itu juga kena kan lewat CCTV kejadian itu, jadi ya prihatin," ungkapnya.

Anggaran di perubahan tahun 2022 yang disiapkan, ia menuturkan untuk PJU dan penerangan jalan lingkungan (PJL) mencapai Rp 24 miliar. Termasuk untuk CCTV jumlah anggaran yang disiapkan cukup besar.

"Kalau gak salah di anggaran perubahan kita itu anggarkan Rp 24 miliar itu PJU dan PJL kalau CCTV saya lupa tapi besar juga termasuk di murni tahun 2023 kita juga terus," katanya.

Yana mengatakan pihaknya juga telah meminta kepala Dinas Perhubungan untuk berkoordinasi dengan bidang pertamanan untuk membenahi PJU yang tertutup dahan atau daun pohon. Lampu penerangan jalan sendiri memiliki cahaya yang bagus.

"Tadi saya panggil juga pak Kadishub untuk koordinasi dengan DPKP jadi apakah nanti tugasnya bareng karena kan saya lihat di daerah-daerah yang pohonnya rindang, Cipaganti, Setiabudi memang banyak yang terhalang dahan dahan yang rindang," katanya.

Terkait keberadaan tim Prabu Polrestabes Bandung yang saat ini tidak ada, Yana mengatakan hal tersebut kebijakan Polrestabes Bandung.

Sebelumnya, dua pengendara motor yang tewas tergeletak di Jalan Sudirman, Cibereum atau perbatasan Kota Cimahi dan Kota Bandung, Rabu (16/11/2022) sekitar pukul 03.30 Wib merupakan korban begal. Mereka berdua berinisial MM dan DA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement