Rabu 16 Nov 2022 15:42 WIB

Persiapan Pembukaan Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah Tuntas

Kapasitas untuk pembukaan sebanyak 17 ribu orang tamu undangan dan perwakilan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ilham Tirta
Sekertaris panitia Muktamar Muhammadiyah ke-48, Nurul Yamin.
Foto: Ahmad fauji/Republika
Sekertaris panitia Muktamar Muhammadiyah ke-48, Nurul Yamin.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo menyisakan dua hari lagi. Gelaran akbar yang dijadwalkan berlangsung pada 18-20 November 2022 itu akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan Solo.

Sekretaris Panitia Pusat Muktamar, Nurul Yamin mengungkapkan, persiapan untuk Muktamar 48 nanti mayoritas sudan tuntas, termasuk untuk persiapan pembukaan. Kapasitas pada pembukaan sebanyak 15-17 ribu orang tamu undangan dan perwakilan.

Baca Juga

"Insya Allah semua sudah disiapkan secara matang, termasuk untuk acara pembukaan. Untuk kesiapan secara teknis dari panggung dan lain-lain sudah disiapkan secara matang, termasuk alur bagi para undangan yang akan masuk ke Stadion Manahan," kata Yamin, Selasa (15/11/2022).

Mengingat jumlah yang bisa masuk Stadion Manahan terbatas dan pengamanan ketat, penerima undangan perlu memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk. Terkait gerbang dan pintu masuk mana yang dapat diakses dan semua dicantumkan dalam undangan.

Selain itu, Yamin menekankan, tamu undangan diharapkan datang lebih awal karena sektiar 07.00 WIB, akses pintu masuk akan ditutup oleh Paspampres. Pembukaan dipastikan meriah oleh tarian kolosal, drum band, dan ortom seperti Tapak Suci.

Kapasitas Stadion Manahan yang terbatas membuat tidak semua penggembira, selain perwakilan, berkesempatan masuk. Karenanya, Yamin menyebut, panitia menyediakan alternatif layar lebar LED di luar, termasuk di Edutorium UMS dan De Tjolomadoe.

Terkait lahan parkir kendaraan, Yamin mengaku telah bekerja sama dengan polisi dan dinas-dinas terkait untuk sediakan kantong-kantong parkir di beberapa titik. Ia meminta maaf jika aktivitas masyarakat terganggu akibat keramaian muktamar.

Panitia Muktamar, lanjut Yamin, sangat bergembira dengan antusiasme menyambut tamu. Maka itu, ia menekankan, permohonan maaf bukan cuma karena keterbatasan Stadion Manahan dan tempat-tempat yang bisa untuk menonton secara langsung.

"Tapi, juga mohon maaf terjadi ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan dan lain-lain yang mungkin mengalami kemacetan dan lain-lain, tapi itu kita nikmati sebagai penggembira muktamar," ujar Yamin.

Ia berharap, acara pembukaan bisa berjalan sukses dan lancar. Yamin turut berharap semua pengunjung baik tamu-tamu undangan, baik penggembira maupun perwakilan, tidak perlu berdesakan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Pakai masker dan lain-lain, sehingga acara ini bisa kita nikmati dengan penuh kegembiraan," kata Yamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement