Rabu 16 Nov 2022 00:23 WIB

UN Women Berikan Penghargaan Kepada 14 Pemenang WEPs Awards 2022

14 perusahaan dan pemimpin pemenang WEPs Awards karena mendorong kesetaraan gender.

Acara UN Women 2022 Indonesia. 14 perusahaan dan pemimpin pemenang WEPs Awards karena mendorong kesetaraan gender.
Foto: Istimewa
Acara UN Women 2022 Indonesia. 14 perusahaan dan pemimpin pemenang WEPs Awards karena mendorong kesetaraan gender.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hari ini, UN Women mengumumkan pemenang dari 2022 Indonesia Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards. Empat belas (14) perusahaan dan pemimpin usaha menerima penghargaan atas upaya mereka dalam mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, marketplace, dan komunitas.

Sejak diselenggarakan untuk pertama kalinya di tahun 2020, penghargaan tahunan WEPs Awards telah mengapresiasi perusahaan dari berbagai sektor dan ukuran atas aksi mereka dalam mewujudkan ketujuh Prinsip-prinsip Pemberdayaan Perempuan atau WEPs, panduan bagi perusahaan dan pelaku usaha untuk mengintegrasikan kesetaraan gender ke dalam praktik dan budaya bisnis mereka.

Tahun ini, UN Women menerima lebih dari 100 aplikasi mulai dari sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pemenang penghargaan diseleksi melalui proses menyeluruh dengan penilaian dari panel juri yang terdiri dari ahli independen.

WEPs Awards tahun ini diselenggarakan bersama Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) dan didukung oleh Investing in Women. Acara ini merupakan WEPs Awards pertama yang diselenggarakan secara luring.

 

WEPs Awards diinisiasi oleh program UN Women, WeEmpower Asia yang didanai oleh Uni Eropa, yang bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan dan partisipasi perempuan di dunia usaha. Selama tiga tahun terakhir, 167 perusahaan di Indonesia telah bergabung menjadi penandatangan WEPs.

Melalui pidato kuncinya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyatakan dukungannya dalam mendorong kesetaraan gender di dunia usaha. Dia berharap hadirnya ajang penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak perusahaan untuk memberikan sumbangsih bagi pemberdayaan perempuan di lingkungan bisnis dan di sepanjang rantai pasok mereka.

"Saya yakin dan percaya dengan semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan Prinsip-prinsip Pemberdayaan Perempuan dalam sistem perusahan, maka kita bisa meningkatkan partisipasi perempuan di tempat kerja, menutup kesenjangan upah, mempercepat pemulihan ekonomi paska pandemi, dan yang tidak kalah penting adalah memastikan agenda untuk mencapai kesetaraan gender dapat terwujud," kata Bintang dalam rilisnya, Selasa (15/11/2022).

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, memberikan apresiasi tinggi kepada pemenang WEPs Awards. Pemerintah Australia juga berkomitmen untuk mendorong kesetaraan gender.

"Melalui program Investing in Women, kami bangga dapat mendukung Women’s Empowerment Principles Awards, untuk mengapresiasi upaya yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan kesempatan bagi perempuan," kata Penny.

UN Women Representative and Liaison to ASEAN, Jamshed M. Kazi menyatakan WEPs Awards adalah salah satu cara untuk memperdalam kolaborasi strategis dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan mendorong kesempatan setara bagi perempuan di dunia bisnis.

“WEPs Awards adalah momen penting untuk menyoroti praktik baik dari perusahaan dan pemimpin usaha, dan dampak dari implementasi WEPs di dunia bisnis. Penghargaan ini adalah bukti dari upaya kolaboratif antara pemerintah, sektor swasta, dan komunitas untuk membangun budaya perusahaan yang didasarkan pada kesetaraan dan inklusivitas. Selamat kepada para pemenang yang telah membuktikan bahwa ketika perempuan berdaya, bisnis adidaya, dan masyarakat menerima manfaatnya," kata Jamshed.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement