Selasa 15 Nov 2022 13:06 WIB

Pemkot Tangsel Target Semua RW Punya Bank Sampah dalam 2 Tahun

Bank sampah di Tangsel untuk pengolahan sampah terpadu dan mandiri oleh warga

Red: Nur Aini
Sejumlah siswa melakukan pemilahan sampah ilustrasi. Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten menargetkan seluruh Rukun Warga (RW) di daerah itu membentuk dan memiliki bank sampah pada 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah siswa melakukan pemilahan sampah ilustrasi. Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten menargetkan seluruh Rukun Warga (RW) di daerah itu membentuk dan memiliki bank sampah pada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten menargetkan seluruh Rukun Warga (RW) di daerah itu membentuk dan memiliki bank sampah pada 2024. Hal itu sebagai bagian dari pengolahan sampah terpadu dan mandiri oleh masyarakat.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Selasa (15/11/2022), menuturkan program bank sampah merupakan bentuk kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah secara mandiri. "Program bank sampah menunjukkan kualitas warganya, karena mampu menggerakkan masyarakat untuk mempunyai pengelolaan sampah sendiri," kata Wakil Wali Kota Pilar dalam keterangannya.

Baca Juga

Ia menjelaskan program bank sampah menjadi bukti jika warga sangat peduli dalam pengelolaan sampah. Kemudian, pelibatan karang taruna dalam program bank sampah juga sebagai regenerasi pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, prinsip bank sampah yang didirikan oleh pemuda harus mempunyai tanggung jawab sosial. Misalnya, yang dilakukan oleh Karang Taruna RW 20 Villa Dago Tol. "Saya harap programnya makin bagus lagi. Lalu, yang paling penting kekompakannya dan mempunyai program-program yang bermanfaat untuk masyarakat, baik dari nilai ekonomi, lingkungan, sosial dan lain sebagainya," ujarnya.

Ia mengajak para orang tua untuk memberikan semangat kepada anak muda untuk peduli terhadap lingkungannya melalui program bank sampah. "Semangat anak muda ini jangan disepelekan. Ini harus kita dorong dan mereka jadi penggerak," ujarnya.

Pilar mengungkapkan saat ini Tangerang Selatan sedang mengupayakan adanya insenerator atau pengelolaan sampah terpadu. Tetapi, program bank sampah dan TPS3R juga terus dijalankan. "Di RW 20 Villa Dago Tol ini dicanangkan bank sampah dan semoga bermanfaat bagi masyarakat sekitar, bukan hanya di RW 20 saja, tetapi bisa mengelola seluruh bank sampah di Villa Dago Tol," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement