Ahad 13 Nov 2022 17:28 WIB

Tol Semarang-Demak Diuji Coba Guna Urai Kemacetan di Pantura

Tol Semarang-Demak Seksi II sudah mulai dibuka secara terjadwal pada Sabtu kemarin.

Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak Sabtu (12/11/2022).
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak Sabtu (12/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak Sabtu (12/11/2022). Uji coba guna mengurai kemacetan lalu lintas di jalur Pantura Jawa Tengah.

"Tol Semarang-Demak Seksi II sudah mulai dibuka secara terjadwal pada Sabtu (12/11/2022) yakni pagi pukul 06.00-10.00 WIB jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melalui exit Tol Kadilangu, sedangkan pada sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung," kata Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP) Robby Sumarna saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Jateng, Ahad (13/11/2022).

Baca Juga

Menurut dia, uji coba pembukaan Jalan Tol Semarang-Demak tersebut akan berlangsung hingga 2 Desember 2022. Ia menyebut uji coba Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II tidak terlepas dari arahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Ini permintaan Bapak Gubernur dan Pak Menteri PUPR," ujarnya.

 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terus melakukan komunikasi intens terkait dengan solusi penguraian kemacetan di jalur pantura, akibat pembangunan Jembatan Wonokerto. "Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Jalan Tol Semarang-Demak diharapkan menjadi jalur untuk mengurai kemacetan, insya Allah akan bermanfaat," katanya.

Pada saat pengecekan pada pekan lalu, Ganjar menyebut ruas tol sepanjang 16,31 kilometer itu menyisakan pengerjaan detail seperti rambu dan ornamen pada pintu keluar jalan tol. Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak memiliki dua seksi pekerjaan yakni Seksi I ruas Kaligawe-Sayung dengan panjang 10,39 kilometer dan Seksi II ruas Sayung-Demak memiliki panjang 16,31 kilometer.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement