Kamis 10 Nov 2022 15:04 WIB

Pemprov DKI Gelar Kerja Bakti Bersama untuk Bersihkan Kali Ciliwung

Kerja bakti itu digelar di Sungai Ciliwung wilayah Tugu Tani hingga Masjid Istiqlal.

Red: Nur Aini
Petugas Sumber Daya Air (SDA) menggunakan alat berat mengeruk lumpur di aliran Kali Ciliwung, Gambir, Jakarta Pusat, ilustrasi
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Petugas Sumber Daya Air (SDA) menggunakan alat berat mengeruk lumpur di aliran Kali Ciliwung, Gambir, Jakarta Pusat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kerja bakti membersihkan Kali Ciliwung yang melibatkan masyarakat dibantu personel gabungan Kostrad, Kopassus, Marinir, dan Brimob. Kerja bakti itu digelar di Sungai Ciliwung wilayah Tugu Tani hingga Masjid Istiqlal.

"Jakarta merupakan kota kolaborasi yang selalu menyiapkan ruang bagi masyarakat dalam pembangunan tata kota untuk penataan aliran sungai Ciliwung yang dilakukan saat ini dengan kerja bakti bersama personel gabungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga

Asep mengatakan sungai Ciliwung menghadapi beberapa tantangan dan permasalahan. "Dalam perkembangannya, sungai Ciliwung juga menghadapi banyak tantangan beberapa di antaranya yaitu penurunan kapasitas pengaliran akibat penyempitan sungai, sedimentasi, penurunan kualitas air sungai akibat pencemaran limbah rumah tangga, dan peningkatan volume sampah yang terbawa oleh aliran yang berpotensi menyebabkan banjir di Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Ia mengungkapkan, berbagai usaha dalam mengembalikan fungsi ekosistem yang berkelanjutan harus dilakukan. "Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya penanganan sampah di sepanjang aliran sungai Ciliwung yang melintas di DKI Jakarta," ungkapnya.

Asep juga mengatakan, kerja bakti gabungan kali ini terdapat 56 titik penanganan yang diperkuat 11 titik sekatan kubus apung dan 10 unit alat berat tersebar di sepanjang aliran sungai serta ditangani oleh 182 petugas kebersihan. "Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan berbagai upaya penanganan sampah di sepanjang aliran Sungai Ciliwung yang melintas di DKI Jakarta untuk mengembalikan fungsi ekosistem Sungai Ciliwung yang berkelanjutan," ucapnya.

Selain itu, ada juga usaha untuk mempertahankan sungai Ciliwung sebagai air bersih melalui sosialisasi dan pemberian sanksi dalam penanganan sampah. Asep mengatakan terdapat lima titik lokasi kerja bakti yakni Korps Marinir TNI, Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, dan Masjid Istiqlal.

Adapun, 1.000 personel gabungan yang dikerahkan dalam kerja bakti bersama Kostrad, Kopassus, Marinir, dan Brimob bertugas mulai dari Sungai Ciliwung wilayah Tugu Tani membentang hingga Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement