Senin 07 Nov 2022 18:13 WIB

BMKG: Gerhana Bulan Total Aman Diamati Langsung oleh Masyarakat

Gerhana bulan total di wilayah Jateng langsung ke puncak gerhananya, tidak dari awal

Fase gerhana bulan (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Fase gerhana bulan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTo -- Gerhana bulan total yang akan terjadi Selasa (8/11/2022) aman diamati secara langsung oleh masyarakat. Demikian disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto.

Saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (7/11/2022) Hery mengatakan, gerhana bulan di wilayah Jawa Tengah akan berlangsung selama tiga jam mulai pukul 17.59 WIB hingga 20.57 WIB. "Gerhana bulan total di wilayah Jawa Tengah langsung ke puncak gerhananya, tidak dari fase awal," jelasnya.

Baca Juga

Terkait dengan hal itu, Hery mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamatan terhadap gerhana bulan total tersebut di halaman BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Ia pun mempersilakan masyarakat melakukan pengamatan terhadap gerhana bulan total secara langsung tanpa menggunakan peralatan khusus. Karena gerhana bulan kali ini menurutnya aman untuk diamati.

"Ini kan momentum yang langka karena pada 2022 terjadi empat kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan dua kali gerhana bulan," katanya.

Dari empat kejadian gerhana tersebut, kata dia, hanya gerhana bulan total pada hari Selasa (8/11/2022) yang bisa diamati di Indonesia. Sedangkan tiga gerhana lainnya tidak bisa diamati di Indonesia.

Lebih lanjut, Hery mengakui gerhana bulan biasanya akan berpengaruh terhadap air laut. "Namun dari data prakiraan yang kami peroleh dari BMKG Stasiun Maritim Semarang, pengaruhnya diprakirakan tidak terlalu signifikan," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, pasang maksimum di Laut Jawa diprakirakan hanya 80 centimeter. Demikian pula di perairan selatan Jawa Tengah, lanjut dia, gerhana bulan total tidak terlalu berpengaruh terhadap pasang maksimum.

Sementara itu, prakirawan cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan pasang maksimum di perairan selatan Jawa Tengah pada hari Selasa (8/11/2022) pukul 20.00 WIB hingga 21.00 WIB. Diprakirakan tingginya mencapai dua meter.

Oleh karena saat sekarang tinggi gelombang di perairan selatan Jawa Tengah masuk kategori sedang (1,25 hingga 2,5 meter), kata dia, pasang maksimum tersebut diprakirakan tidak akan mengakibatkan terjadinya rob di pesisir selatan Jateng.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement