Senin 07 Nov 2022 18:43 WIB

100 Ribu STB Disalurkan kepada Masyarakat di Tangerang Raya 

Penyaluran STB dilakukan sejak 21 September 2022.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pedagang menonton siaran dari televisi yang telah dipasang perangkat set top box (STB). ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pedagang menonton siaran dari televisi yang telah dipasang perangkat set top box (STB). ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah daerah se-Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang mencatat ada sekitar 100 ribu set top box (STB) gratis yang dibagikan kepada masyarakat. Mereka yang dibagikan gratis termasuk kategori rumah tangga miskin di wilayah Tangerang Raya. 

Di Kabupaten Tangerang, pemerintah setempat mencatat sudah ada lebih dari 60 ribu unit STB yang disalurkan kepada warga. Penyaluran dilakukan oleh pihak ketiga yang ditunjuk langsung oleh Kemenkominfo RI. Penyaluran STB di Kabupaten Tangerang sendiri mulai dilakukan sejak 21 September 2022. 

 

"Secara total alokasi Penerima Bantuan STB di Kabupaten Tangerang pada desil 1 yaitu ada 70.023 KK. (Data per 5 November) yang sudah selesai terdistribusi sebanyak 60.072 (85,8 persen)," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno, Senin (7/11/2022). 

 

Nono menerangkan, jumlah penerima STB di Kabupaten Tangerang secara keseluruhan sebanyak 140.324 orang meliputi dua desil. Perinciannya, sebanyak 70.023 keluarga pada desil satu dan sebanyak 70.301 keluarga pada desil dua. 

 

"Sampai saat ini  baru terdistribusikan untuk nama-nama yang berada di desil 1. Pelaksanaan Pendistribusian juga dilakasanakan oleh pihak penyedia STB dengan mekanisme door to door (diinstalkan langsung di rumah warga)," kata dia. 

 

Nono menyebut, bagi masyarakat yang belum menerima STB hingga 5 November 2022, padahal berhak mendapatkannya, diharapkan untuk bisa mengadukannya. Agar warga yang membutuhkan fasilitas TV, terutama yang TV analognya dimatikan, masih bisa menikmatinya. 

 

Pemerintah Kota Tangerang mencatat jatah warga Kota Tangerang mendapatkan STB gratis berjumlah lebih dari 29 ribu unit yang dibagikan langsung ke rumah warga. "Kuota bantuan STB gratis untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit.  Tahap approval penerima bantuan dan proses pendistribusiannya adalah wewenang Kementerian Kominfo," kata Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti. 

 

Indri menyebut, terakhir data Kementerian Kominfo pada 4 Oktober 2022, bantuan STB gratis yang sudah tersalurkan di Kota Tangerang sebanyak 24.017 unit. Seharusnya, hingga saat ini angkanya sudah terus bertambah atau lebih banyak lagi bagi warga yang membutuhkan atau belum menerima. 

 

"Terlebih, Kementerian membuka Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan di Novotel pada 2-4 Oktober, beriringan dengan wilayah Jabodetabek. Jadi, bisa dipastikan saat ini angka penerima STB gratis sudah terus bertambah," tuturnya.

 

Pembagian STB gratis tahap dua di Kota Tangerang masih belum ada informasi lebih lanjut. 

 

Sementara itu, di Kota Tangsel, Dinas Kominfo Kota Tangsel mencatat ada sebanyak 25.764 unit STB yang telah dibagikan gratis bagi warga Tangsel. Perinciannya, di Kecamatan Serpong sebanyak 3.146 unit STB, Serpong Utara 1.248 unit, Pondok Aren 4.741 unit, Ciputat 6.118 unit, Ciputat Timur 2.692, Pamulang 4.943 unit, dan Setu 2.876. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement