Senin 07 Nov 2022 14:39 WIB

Pemkab Bogor akan Cari Lahan Baru Bagi PKL di Stadion Pakansari

Pemkab Bogor meminta PKL yang ditertibkan tidak kembali lagi ke Stadion Pakansari

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nur Aini
PKL (ilustrasi) Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor telah ditertibkan pada akhir pekan lalu.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
PKL (ilustrasi) Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor telah ditertibkan pada akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor telah ditertibkan pada akhir pekan lalu. Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Bogor mempertimbangkan untuk mencarikan lahan baru bagi para PKL yang telah ditertibkan.

 

Baca Juga

KadiskopUKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana, mengatakan jangan sampai PKL yang ditertibkan malah kembali lagi ke kawasan yang sudah bersih. Bahkan malah kedatangan PKL yang baru. Oleh karenanya, Asep mengaku setuju jika para PKL tersebut ditempatkan di tempat yang layak. Sehingga, tidak mengganggu kawasan di tempat yang tidak semestinya digunakan untuk berjualan. “Iya, kalau saya ada tempat yang membuat para pedagang bisa beraktivitas dengan baik dan tidak membuat suasana jadi kumuh, kita mah setuju dan ingin,” kata Asep dikonfirmasi, Senin (7/11/2022).

 

Menanggapi para PKL yang meminta tempat baru untuk berdagang, Asep mengatakan, PKL juga merupakan pelaku ekonomi. Namun, belum memiliki tempat dan legalitas. “Untuk itu saya dari Dinas Koperasi & UKM ingin mereka dilakukan penataan. Itu juga kalau lokasi untuk penataannya ada,” tuturnya.

 

Sebab, kata dia, para pedagang wajib memiliki tempat usaha yang sesuai agar tidak mengganggu kegiatan lain. Ia pun ingin segera mendapatkan lahan untuk menata para PKL tersebut agar bisa kembali berjualan. “Tapi ya harus konsekuen. Walaupun berjualan, nanti tahu-tahu ditertibkan datang lagi PKL lain yang masuk. Itu yang khawatir harus dilakukan Pemerintah Daerah melalui Satpol PP. Jangan sampai ditata, ditertibkan, tahu-tahu muncul lagi yang baru. Nah itu tuh yang bikin suasana penataan enggak akan berhasil,” ujarnya.

 

Sebelumnya, diberitakan Satpol PP Kabupaten Bogor membongkar dan menertibkan ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Penertiban tersebut dilakukan lantaran PKL yang ada dinilai membuat kawasan sekitar Stadion Pakansari tampak kumuh.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Iman Nagarasid, mengatakan penertiban tersebut dilakukan pada Sabtu (5/11) dan Ahad (6/11). Penertiban ini merupakan penindakan atas gangguan ketentraman dan ketertibam umum. “Sudah dilakukan penertiban semenjak hari Sabtu (5/11). Ada kurang lebih 300 PKL dilakukan penertiban,” kata Cecep.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement