Sabtu 05 Nov 2022 20:11 WIB

Pemprov Kalsel Gelar Pasar Rakyat untuk Kendalikan Inflasi

Warga menyerbu paket sembako murah yang dijual di Pasar Rakyat

Pemprov Kalsel menggelar Pasar Rakyat yang menjual paket sembako murah.
Foto: Pemprov Kalsel
Pemprov Kalsel menggelar Pasar Rakyat yang menjual paket sembako murah.

REPUBLIKA.CO.ID, LOKSADO – Hari ketiga Turun ke Desa (turdes) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyambangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Di Kabupaten HSS, tepatnya di Desa Loksado, Pemprov Kalsel menggelar Pasar Rakyat untuk UMKM sebagai upaya penanangan inflasi, Sabtu (5/11/2022) pagi.

Warga pun menyerbu paket sembako yang dijual di Pasar Rakyat. Paket sembako yang dijual pada Pasar Rakyat berupa minyak goreng, tepung, telur, bawang merah, bawang putih dan gula dengan haga Rp 68 ribu per paketnya.

Baca Juga

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan salah satu fokus Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini dan beberapa waktu ke depan adalah pengendalian inflasi daerah. Hal ini dilakukan untuk merespons situasi perekonomian global yang masih tidak menentu.

“Kita perlu melakukan intervensi dan menyalurkan bantuan bagi keluarga penerima manfaat atau masyarakat yang memang membutuhkan atau terdampak kenaikan harga beberapa komoditas. Kegiatan ini juga merupakan simbol komitmen kita bersama untuk menyukseskan upaya bersama dalam pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Paman Birin.

Menurut Paman Birin, untuk menekan inflasi mau tidak mau semuanya harus sama-sama berkolaborasi, bergotong royong untuk melakukan berbagai gerakan. Di antaranya seperti yang telah dilakukan yaitu Pasar Rakyat.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Yanuar Noor Rifai mengatakan Pasar Rakyat digelar di seluruh kabupaten kota. Menurutnya, Pemprov Kalsel menyiapkan 1.000 paket sembako untuk pengendalian inflasi.

Sekdakab HSS Muhammad Noor mengaku Pemkab HSS sudah menyisihkan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar dua persen untuk pengendalian inflasi daerah. “Insya Allah pekan depan kita sudah menyalurkan semua kegiatan yang kita arahkan untuk keamanan dampak akibat kenaikan BBM sekaligus sebagai penanganan inflasi di HSS,” bebernya.

Ia juga berterima kasih atas perhatian Pemprov Kalsel terhadap pengendalian inflasi di daerah termasuk HSS. “Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat kami di HSS,” harapnya.

Selain menggelar Pasar Rakyat, Pemprov Kalsel melalui Sekda secara simbolis juga menyerahkan bantuan sosial paket sembako, bantuan paket ibu hamil dan balita, dana hibah mushola, buku untuk perpustakaan, bibit pohon, serta bantuan alat olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement