Sabtu 05 Nov 2022 14:36 WIB

Curah Hujan Tinggi di Lumajang, Akses Jalan Menuju Jembatan Gladak Perak Amblas

Lokasi amblas berada di KM 59 Piket Nol Desa Sumberwuluh,

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah pekerja ketika menyelesaikan pembangunan jembatan gantung Gladak Perak di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (9/4/2022).
Foto: Antara/Seno
Sejumlah pekerja ketika menyelesaikan pembangunan jembatan gantung Gladak Perak di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (9/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akses jalan nasional menuju Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang di Jawa Timur putus setelah amblas di bagian sisi luar tebing. Lokasi kejadian di KM 59 Piket Nol Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Menurut kaji cepat sementara Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Candipuro pada Kamis (2/11) pukul 21.30 WIB," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (5/11/2022).

 

Muhari menjelaskan, tingginya curah hujan secara tidak langsung membuat tanah di bagian bawah jalan menjadi jenuh oleh air sehingga menyebabkan amblas dan tidak dapat dilalui segala jenis kendaraan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

 

Peristiwa amblasnya jalan nasional itu secara otomatis menghambat pengerjaan Jembatan Gantung Gladak Perak yang terputus aliran Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru pada Desember 2021. Padahal, jalan tersebut menjadi jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang

 

“Dengan longsornya jalan nasional di KM 59 Piket Nol Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro ini juga menyebabkan pembangunan jembatan Gladak Perak terhambat,” kata Kabid KRR BPBD Kabupaten Lumajang Joko Smabang.

 

Demi percepatan penanganan jalur yang amblas, pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jawa Timur akan segera menyelesaikan perbaikan jalan tersebut bersamaan dengan penanganan Jembatan Gladak Perak. Sesuai dengan target, pengerjaan jembatan maupun jalur ambles akan rampung pada Januari 2023 mendatang.

 

Guna mengantisipasi dan mencegah longsor kembali, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jawa Timur akan memasang tiang penahan Bore Pile sepanjang 150 meter yang dilengkapi beton bertulang. Diharapkan hal itu akan mampu mencegah terjadinya longsor atau amblas di kemudian hari.

 

Cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi di wilayah Kabupaten Lumajang dan sekitarnya hingga Ahad (6/11), sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Goefisika (BMKG).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement