Rabu 26 Oct 2022 22:29 WIB

Ini Penjelasan Lion Air Soal Pesawat Putar Balik Diduga Mesin Bermasalah

Lion Air menyebut pesawat dipastikan sudah sesuai standar operasional prosedur

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sebuah pesawat Lion Air melakukan bongkar muat angkutan kargo di Apron Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Maskapai Lion Air memberikan penjelasan operasional penerbangan pesawat registrasi PK-LKK nomor penerbangan JT-330 pada Rabu (26/10/2022).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Sebuah pesawat Lion Air melakukan bongkar muat angkutan kargo di Apron Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Maskapai Lion Air memberikan penjelasan operasional penerbangan pesawat registrasi PK-LKK nomor penerbangan JT-330 pada Rabu (26/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Lion Air memberikan penjelasan operasional penerbangan pesawat registrasi PK-LKK nomor penerbangan JT-330 pada Rabu (26/10/2022). Pesawat yang diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK) tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan (PLM) tersebut dipastikan sudah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, Rabu (26/10/2022). 

Setelah proses penanganan operasional, Danang mengatakan layanan penumpang dan kargo di darat selesai. Selanjutnya Lion Air penerbangan JT-330  lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 penumpang.

Fase mengudara berjalan normal dan menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Hanya saja ketinggian jelajah tiga ribg kaki, Danang mengatakan pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan.

“Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan safety first, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal  return to base di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Danang. 

Lalu pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir, seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu boarding gate untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penumpang keluar dari pesawat dilakukan secara normal. “Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,” ucap Danang. 

Dia memastikan teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja check list yang membutuhkan waktu. Untuk saat ini, Danang mengatakan Lion Air tidak dapat berspekulasi.

Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. “Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku,” tutur Danang. 

Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement