Rabu 26 Oct 2022 23:50 WIB

Selama Masa Uji Coba, Pengguna Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Diwajibkan Pakai E-Tol

Masa uji coba jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dimulai 27 Oktober 2022.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer.
Foto: Dok BPTJ
Penampakan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan pengguna Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang diwajibkan memakai kartu E-Tol. Jalan tol tersebut akan dibuka besok, Kamis (27/10/2022) mulai pukul 07.00 WIB.

Selama masa uji coba, pengguna jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang tidak akan dipungut biaya alias gratis. Tapi menurut Syamsuar, pengguna tetap diwajibkan memakai kartu E-Tol.

Baca Juga

"Iya, gratis selama masa ujicoba, tapi tetap menggunakan kartu e tol," kata Syamsuar, Rabu (26/10/2022).

Syamsuar mengaku belum mengetahui berapa lama masa uji coba Tol Pekanbaru-Bangkinang tersebut diberlakukan. Hal itu menurut dia sesuai batas waktu yang ditentukan pemerintah pusat.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (HK) memastikan bahwa tol Pekanbaru-Bangkinang sudah siap untuk dioperasionalkan. Sesuai jadwal uji coba tol Pekanbaru-Bangkinang akan mulai dibuka pada tanggal 27 Oktober 2022 besok.

"Semua sudah kita penuhi, mulai dari izin laik fungsional sudah kita dapatkan, laik operasi juga sudah, kemudian perintah untuk operasionalnya juga sudah," kata Branch Manager Tol Pekanbaru - Bangkinang, Indrayana.

Tidak hanya itu, Indrayana juga mengungkapkan bahwa Surat Keputusan (SK) penetapan tarif tol Pekanbaru - Bangkinang juga sudah dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.

Indrayana mengatakan, sesuai SK yang sudah ditetapkan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang untuk kendaraan golongan 1 (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus) adalah sebesar Rp 33 ribu.

Seperti diketahui tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 25-30 menit saja.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement