Selasa 25 Oct 2022 06:21 WIB

Pasien Gagal Ginjal di Sumbar Bertambah Tiga Kasus

Dinkes Sumbar memaparkan pasien gagal ginjal akut bertambah tiga kasus.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Dokter merawat pasien anak penderita gagal ginjal akut. Dinkes Sumbar memaparkan pasien gagal ginjal akut bertambah tiga kasus.
Foto: ANTARA/Ampelsa
Dokter merawat pasien anak penderita gagal ginjal akut. Dinkes Sumbar memaparkan pasien gagal ginjal akut bertambah tiga kasus.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat, dr Lila Yanwar, mengatakan ada penambahan 3 kasus anak gagal ginjal akut misterius. Total di Sumbar sudah tercatat 25 kasus gagal ginjal ini.

"Setelah rilis kita yang terakhir, kini bertambah sebanyak 3 kasus baru. Dua dari Sumbar dan 1 lagi dari luar Sumbar," kata Lila, Senin (24/10/2022).

Baca Juga

Lila menyebut beberapa hari lalu kasus anak gagal ginjal akut ini yang meninggal dunia sebanyak 12 orang. Sampai hari ini jumlah yang meninggal bertambah 1 orang jadi 13 kasus meninggal.

1 orang meninggal tersebut dari Rumah Sakit Adnan WD, Kota Payakumbuh. Pasien meninggal ini sebelumnya dirawat di RSUP M Djamil, Padang. Tapi karena jauh, orang tua pasien memilih rawat jalan. "Meninggalnya kemarin," ujar Lila.

Untuk mengantisipasi makin meluasnya kasus gagal ginjal di daerah itu pihaknya kata Lila sudah memiliki satgas dengan bekerjasama dengan berbagai pihak mulai dari ikatan dokter anak indonesia RSUP M Djamil dan pihak lainnya.

Seperti diketahui, Kementrian Kesehatan melaporkan terdapat ratusan kasus terkait gagal  ginjal mistérius yang tersebar di 20 provinsi. Sumatera barat menjadi salah satu provisi dengan kasus tertinggi dibawah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement