Senin 24 Oct 2022 17:12 WIB

Pengamat: Erick Thohir Sosok Cawapres yang Diterima Semua Kalangan

Kinerja positif yang terus diberikan Erick Thohir membawa berkah secara elektoral.

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok cawapres potensial karena bisa diterima semua kalangan.
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok cawapres potensial karena bisa diterima semua kalangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik The Indonesian Institute Ahmad Hidayah menilai Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) paling diunggulkan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Alasannya, karakteristik Erick Thohir yang terbuka membuatnya banyak diterima oleh seluruh kalangan.

Ahmad Hidayah menilai Erick Thohir sebagai sosok tengah yang mampu memberikan elektoral. "Kinerja positif yang terus diberikan Erick Thohir membawa berkah secara elektoral," kata dia di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Sebagai salah satu tokoh nasional, menurut Ahmad, Erick Thohir merupakan sosok yang netral. Mantan presiden Inter Milan ini tidak begitu mengidentikan diri dengan satu golongan suku manapun dan menjadi pribadi yang terbuka.

“Pak Erick Thohir ini kan image-nya adalah bukan orang Jawa. Kita lihat dia punya pendukung di luar pulau Jawa udah begitu bisa cukup,” ujar Ahmad.

Kondisi demikian, dia menambahkan, tentu membawa imbas positif tersendiri yang cukup besar dalam kandidasi. Dampak daripada itu membuat Erick Thohir banyak memiliki pendukung tidak hanya di Pulau Jawa tapi di seluruh wilayah Indonesia.

Faktor tersebut, menurut dia, tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi Erick Thohir. Karena dengan begitu karakteristik Erick Thohir mencerminkan sebagai seorang figur yang memiliki nilai-nilai ke-Indonesiaan yang kuat.

“Suara-suara di Pulau Jawa, itukan tidak bisa menjadi ukuran karena tidak Jawasentris. Jadi merepresentasi bahwa Erick Thohir ini Nusantara,” ucap Ahmad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement