Senin 24 Oct 2022 14:33 WIB

Kampung Pasir Kunci Jadi Destinasi Wisata Baru di Kaki Gunung Manglayang

Pemkot Bandung meluncurkan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nur Aini
Wali Kota Kota Bandung Yana Mulyana. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Senin (24/10/2022).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Kota Bandung Yana Mulyana. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Senin (24/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Jumlah kampung wisata kreatif di Kota Bandung kembali bertambah, kali ini berlokasi di kaki Gunung Manglayang teparnya di Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung. Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini merupakan lokasi keenam setelah Kampung Wisata Kreatif Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kampung Wisata Kreatif Binong Jati, Kampung Wisata Kreatif Cinambo, dan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah.

"Hari ini kita bisa mengaktivasi kampung wisata kreatif ke enam dari delapan yang harus diaktivasi," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meresmikan aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Senin (24/10/2022).

Baca Juga

Di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini pengunjung bisa melihat Kota Bandung ditemani keindahan kebudayaan masyarakatnya. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, udara yang sejuk dan pemandangan khas pegunungan juga dijamin dapat menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas yang sibuk. 

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci dinilai menjadi satu lagi prospek ekonomi kreatif di bidang pariwisata yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian. Yana mengatakan, sektor Pariwisata berperan cukup besar pada pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung. Dia meminta aktivasi ini dimanfaatkan untuk pegembangan potensi seni budaya secara konsisten untuk mendorong wisatawan hadir.

"Saya berharap bukan hanya dibentuk terus diam, kami dorong diaktivasi, potensi seni budaya di wilayah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita aktivasi secara tematik disini, dan paling penting konsistensi," ujarnya.

Ia berpesan, agar seluruh stakeholder di Ujungberung menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci sehingga pengunjung akan semakin banyak berdatangan. Dia berharap, keberadaan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini merupakan turunan dari RPJMD Kota Bandung. Salah satunya pengembangan kampung wisata di kota Bandung sebanyak 8 kampung wisata.

"Sebelumya sudah ada 5 kampung wisata kreatif  yakni Braga, Cigadung, Binong jati, cigondewah, Cinambo, terbaru pasir kunci kecamatan Ujungberung," kata dia.

Ia mengatakan, Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci akan difokuskan untuk pengembangan budaya dan pusat permainan anak. Kawasan kreatif ini akan difokuskan untuk pengembangan budaya bagi permainan anak-anak. Salah satu budaya yakni seni reak. Hal itu untuk mewujudkan Bandung melalui seni budaya seni kreatif dengan melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholder.

Untuk sisa dua kampung wisata kreatif lain, ditargetkan dapat diaktivasi pada 2023 mendatang yakni Kampung Wisata Kreatif Gedebage dan Kampung Wisata Kreatif Cibaduyut. 

Tokoh masyarakat Pasir Kunci, Wawan berharap akan ada keberlanjutan dari program pengembangan seni budaya terutama di wilayah Pasir Kunci.

"Kami sangat bangga, dengan launching ini. Kami ingin ada keberlanjutannya. Karena potensinya ada, di kiri kita ada pemandangan Gunung Manglayang, di bawah view kota. Ini harus dimanfaatkan," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement