Sabtu 22 Oct 2022 23:59 WIB

Bandara Bali Kini layani 23 Rute Penerbangan Internasional

Air Asia buka rute penerbangan internasional Penang-Denpasar-Penang

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali saat ini telah melayani 23 rute penerbangan internasional dari dan menuju "Pulau Dewata" itu, yang dioperasikan oleh 25 maskapai penerbangan.

Yang terbaru, maskapai penerbangan Air Asia telah melayani rute penerbangan Penang-Denpasar-Penang yang dioperasikan dengan pesawat dengan tipe Airbus A320.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Air Asia atas penerbangan perdana dari Penang menuju Denpasar. Dengan bertambahnya rute ini, konektivitas Pulau Bali dengan Malaysia juga bertambah," ujar General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di Kabupaten Badung, Sabtu.

Malaysia salah satu destinasi negara dengan jumlah lalu lintas penumpang yang tinggi. Pada September lalu tercatat terdapat 87.567 orang Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang bertolak dari Kuala Lumpur menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Handy Heryudhitiawan menjelaskan warga negara asing (WNA) asal Malaysia juga merupakan salah satu WNA yang paling banyak mengunjungi Pulau Bali sepanjang tahun 2022.

"Pada periode bulan Januari-September 2022 ini, kami mencatat ada sebanyak 43.283 orang warga negara Malaysia yang berkunjung ke Pulau Bali," kata dia.

Ia menambahkan penumpang rute penerbangan Malaysia juga masuk ke dalam tiga besar lalu lintas penumpang penerbangan internasional tertinggi pada September 2022.

"Pada bulan September yang terbanyak adalah rute Australia dengan catatan sebanyak 203.975 orang penumpang, diikuti oleh Singapura dengan 152.749 orang penumpang, dan Malaysia dengan total 87.567 orang penumpang," kata Handy Heryudhitiawan.

Pada penerbangan perdananya, pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK-1234 dari Penang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dengan mengangkut 77 penumpang. Kemudian pesawat tersebut terbang dari Denpasar menuju Penang dengan mengangkut 67 penumpang

Dengan bertambahnya rute Penang-Denpasar-Penang ini, pihaknya berharap konektivitas dengan Malaysia akan semakin tinggi dan lalu lintas penumpang internasional juga dapat meningkat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement