Kamis 20 Oct 2022 14:25 WIB

Direvitalisasi Anies, Heru Niat Kembalikan Monas Lebih Hijau

Penghijauan monas akan dilakukan dengan membahas bersama para ahli.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kedua kiri) meninjau Stasiun Pompa Waduk Pluit Timur di Jakarta, Rabu(19/10/2022). Pemprov DKI Jakarta memastikan Stasiun Pompa Waduk Pluit Timur berfungsi dengan baik untuk  pengendalian banjir daerah aliran Sungai Ciliwung saat puncak musim hujan.
Foto: ANTARA/Darryl Ramadhan
Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kedua kiri) meninjau Stasiun Pompa Waduk Pluit Timur di Jakarta, Rabu(19/10/2022). Pemprov DKI Jakarta memastikan Stasiun Pompa Waduk Pluit Timur berfungsi dengan baik untuk pengendalian banjir daerah aliran Sungai Ciliwung saat puncak musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan mendesain ulang kasawan Monumen Nasional (Monas). Dalam prosesnya, kata dia, Monas akan dihijaukan kembali dengan penanaman pohon dan pengkombinasian beragam dukungan lainnya.

“Pohon-pohonnya kita kombinasikan aja,” kata Heru di Balai Kota DKI, Kamis (20/10).

Baca Juga

Menurut dia, revitalisasi monas dan penghijauan kembali itu akan dilakukan pertama dengan membahas bersama para ahli. Ditanya waktu jelasnya, dia tak menjawab lebih jauh.  “Ya kita lihat nanti ya,” katanya.

Tak hanya itu, dalam rencana penghijauan Monas pasca pohon-pohon di dalamnya dihilangkan saat era Anies, Heru menyebut penghijauan akan meluas. Menurut dia, area parkir IRTI juga akan diperbaiki dari segi parkirnya.

“Kita nanti lihat desainnya,” ucap mantan Walikota Jakarta Utara itu.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung penuh rencana Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendesain ulang kawasan Monumen Nasional (Monas). Erick mengatakan siap mensinergikan aset-aset milik BUMN dan BUMD DKI Jakarta yang berada di sepanjang Sarinah hingga Monas.

"Monas tentu akan menjadi bagian area publik yang sangat hijau. Pak Heru mendesain bersama Mensesneg supaya hijau kembali dan hijaunya jangan tanggung-tanggung," ujar Erick dalam konferensi pers bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Sebelumnya, Revitalisasi Monas era Anies sempat menimbulkan perhatian publik karena ada sekitar 190 pohon di Monas sisi selatan yang ditebang. Belakangan, Pemprov DKI menyatakan ratusan pohon itu tidak ditebang, melainkan digeser.

Proyek itu makin menjadi polemik karena dilaksanakan tanpa mengantongi izin dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Mensesneg. Mensesneg Pratikno meminta agar Pemprov DKI menghentikan sementara proyek revitalisasi Monas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement