Kamis 20 Oct 2022 05:58 WIB

Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta Dukung Ganjar, Ikut Sosialisasi 'Saber Pungli'

Saber Pungli adalah kependekan dari Sapu Bersih Pungutan Liar.

Para sopir truk di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Antara
Para sopir truk di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekitar 50 pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta membagikan paket sembako kepada warga dan sopir truk di kawasan Kosambi, Jakarta Barat pada Rabu (19/10/2022) siang. Sekretaris Umum Komunitas Truk DKI Jakarta, Bayu Jamal menuturkan, kegiatan bagi-bagi sembako kepada warga dan sopir truk bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adapun jumlah sembako yang dibagikan sebanyak 150 paket sembako berisi beras, gula, minyak goreng, mie instan, kopi dan teh. 

"Hari ini kita berkumpul untuk membagi sembako sebagai rutinitas kita. Hari ini ada sekitar 150 paket sembako yang kita bagikan kepada warga dan juga tentunya para supir," ujar Bayu. 

Baca Juga

Selain membagikan sembako di pool truk, relawan Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta juga membagikan sembako kepada sopir truk yang melintas di Jalan Raya Salembaran dan gudang penyimpanan barang Kosambi, Jakarta Barat. 

Bayu mengatakan, dukungan para sopir truk untuk Ganjar sebagai Presiden 2024 didasarkan pada penilaian bahwa Ganjar adalah sosok pemimpin yang merakyat dan dekat dengan semua kalangan. Menurut dia, banyak program dan kebijakan Ganjar dinilai berpihak kepada rakyat kecil. Salah satunya adalah Saber Pungli atau Sapu Bersih Pungutan Liar yang berhasil menekan tingkat pungli, khususnya bagi para sopir truk. 

Dalam beberapa kesempatan, Ganjar juga sering turun langsung ke lapangan untuk menekan angka pungli. Menurut Bayu, para sopir truk sering diresahkan dengan adanya tindakan-tindakan pungli yang mengurangi pendapatan para sopir. 

"Pak Ganjar layak untuk didukung karena banyak program-programnya yang mendukung para sopir, khususnya sopir truk. Ada program beliau di Jawa Tengah, Saber Pungli atau Sapu Bersih Pungutan Liar. Itu sangat bagus karena memang ditujukan untuk mengurangi pungli. Sebab pungli itu sendiri mengurangi penghasilan para sopir," kata Bayu. 

Ke depan, Komunitas Truk DKI Jakarta akan terus menyuarakan Ganjar Presiden 2024 agar masyarakat kalangan menengah ke bawah bisa terus mendapatkan perhatian, sehingga kesejahteraan hidup juga ikut meningkat. 

Januar, salah satu sopir truk, menyebutkan, kegiatan relawan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Komunitas Sopir Truk ini berdampak positif untuk para sopir. 

"Kegiatan komunitas ini cukup meringankan beban kehidupan supir sehari-hari seperti saya. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik lagi," katanya. 

Januar berharap, sosok Ganjar Pranowo mampu mengangkat perekonomian masyarakat ketika kelak terpilih menjadi Presiden pada pilpres 2024 mendatang. 

" Mudah-mudahan taraf hidup kami bisa lebih meningkat ke depannya jika Pak Ganjar terpilih jadi Presiden Indonesia di tahun 2024," ucap Januar.

Elektabilitas Ganjar sendiri dalam sejumlah survei bursa calon presiden (capres) kerap menempati posisi atas. Terbaru, lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis survei baru-baru ini Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar berada di angka 37,5 persen. Sementara di bawahnya Prabowo Subianto mendapat 30,5 persen dan terakhir Anies Baswedan 25,2 persen.

"Sampai dengan periode survei dilakukan, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi publik sebagai calon presiden," kata dia seperti dilansir dari Antara.

 

Selain simulasi tiga nama, nama Ganjar juga berada di urutan teratas dalam simulasi 10 nama. Elektabilitas Ganjar terpaut jauh di angka 31,3 persen, disusul Prabowo dengan perolehan 24,4 persen dan Anies 20,6 persen.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement