Selasa 18 Oct 2022 20:00 WIB

BPBD Gianyar Bersihkan Tanah Longsor yang Tutup Jalan

Tanah longsor itu disebabkan hujan deras yang mengguyur Provinsi Bali.

Ilustrasi. BPBD Gianyar bekerja ekstra untuk menangani dengan cepat tanah longsor yang menutup jalan raya sehingga memutus jalur transportasi di beberapa wilayah di kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.
Foto: Antara/Ampelsa
Ilustrasi. BPBD Gianyar bekerja ekstra untuk menangani dengan cepat tanah longsor yang menutup jalan raya sehingga memutus jalur transportasi di beberapa wilayah di kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- BPBD Gianyar bekerja ekstra untuk menangani dengan cepat tanah longsor yang menutup jalan raya sehingga memutus jalur transportasi di beberapa wilayah di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Berdasarkan laporan BPBD Gianyar dalam IG (Instagram), Selasa (18/10/2022) sekitar pukul 08.40 WITA, tim gabungan yang dipimpin BPBD Gianyar membersihkan tanah longsor dengan ketebalan sekitar 2 meter dengan luas area sekitar 8 meter yang menutup akses Jalan Tegalpayang menuju Desa Pupuan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar.

Tanah longsor itu disebabkan hujan deras dalam beberapa hari ini yang mengguyur Provinsi Bali, khususnya Kabupaten Gianyar. Berkat bantuan dari berbagai pihak terkait, tanah longsor yang menutup jalan raya sudah dapat ditangani dan dibersihkan sehingga akses jalan juga sudah pulih.

Baca Juga

Tim gabungan yang berhasil menangani tanah longsor itu terdiri dari TRC BPBD Gianyar, Damkar, Binmas dan Bhabinkamtibmas Desa Pupuan, Polres Gianyar, relawan RAPI dan masyarakat setempat. Dalam bencana itu tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, BPBD Gianyar juga berhasil menangani tanah longsor disertai beberapa pohon tumbang mengakibatkan akses Jalan Raya Buahan, Kecamatan Payangan, tertutup, tidak dapat dilalui kendaraan bermotor. Tanah longsor itu disebabkan karena hujan deras yang mengguyur propinsi Bali, khususnya di wilayah kabupaten Gianyar.

Tim gabungan mulai membersihkan tanah longsor pada Senin (17/10/2022) pukul 16.30 WITA dan memotong batang pohon yang cukup besar dengan diameter 80 cm dan panjang pohon sekitar 15 meter di lokasi kejadian, Banjar Susut, Desa Buahan, Kecamatan Payangan.

Tim membersihkan tanah longsor dengan ketebalan sekitar satu meter, dan panjang sekitar 10 meter. Tim TRC BPBD Gianyar berhasil menormalisasikan kembali akses jalan pada Senin (17/10/2022).

Saat tim bekerja hadir di lokasi kejadian, yakni Kepala BPBD Gianyar, Camat Payangan Anak Agung Gde Raka Suryadiputra, Polsek Payangan, dan Dinas PUPR Gianyar Ida Bagus Putu Suamba,

Tanah longsor akibat hujan deras dan banjir juga terjadi di Ubud, Gianyar, Selasa (18/10/2022) siang. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta mengatakan, banjir yang terjadi mengakibatkan jebolnya sandaran jalan yang berada di Jl Raya Ubud tepatnya di depan SMP 01 Ubud. 

Akibatnya satu mobil tertimpa tanah longsor dan menutup jalan Bisma dan Jalan Raya Ubud, menyebabkan kemacetan total di Kota Ubud. BPBD Gianyar telah mengerahkan alat berat dan truk untuk membersihkan tanah longsoran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement