Selasa 18 Oct 2022 07:40 WIB

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu di Lapas Tulungagung

Aksi pelemparan narkoba ini merupakan yang pertama terjadi dalam tahun ini.

Barang bukti sabu-sabu (ilustrasi)
Foto: Antara
Barang bukti sabu-sabu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG--Petugas di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Tulungagung, Jawa Timur, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu. Upaya penyelundupan sabu ini dilakukan dengan cara dilempar dari luar tembok penjara.

Pelaku pelemparan dari luar lingkungan lapas ini belum diketahui. Petugas menemukan paket sabu terbungkus plastik itu tersangkut di jaring yang sengaja dipasang di sekitar tembok bagian dalam lapasdemi mengantisipasi penyelundupan sejenis.

Baca Juga

"Paket sabu yang dilempar seseorang ini setelah kami timbang berukuran sekitar 5,2 gram," kata Kepala Lapas Kelas II B Tulungagung Tunggul Buwono di Tulungagung, Senin (17/10/2022).

Belum diketahui siapa pelaku maupun warga binaan yang dituju sebagai penerima narkoba jenis sabu tersebut. Dikatakan Tunggul Buwono, penemuan paket narkoba itu pertama diketahui petugas saat melakukan pemeriksaan rutin keamanan dan ketertiban di lingkungan LP.

Bungkusan mencurigakan itu lalu diambil, dan setelah dibuka ternyata isi paket ini merupakan narkotika jenis sabu. Bobot narkoba yang dilempar ini mencapai 5,2 gram. "Paket tergantung di jaring yang kita pasang di depan blok kamar narapidana pagi tadi," ujarnya.

Jaring setinggi lima meter ini sengaja dipasang untuk mengantisipasi upaya pelemparan benda terlarang dari sisi timur lapas. Adanya ladang tebu yang berada di sisi timur sedikit menyulitkan pengawasan petugas.

Meskipun telah dilengkapi kamera CCTV, namun mereka merasa tetap perlu dilakukan pemasangan jaring tersebut. "Sisi timur dikelilingi tanaman tebu, lemparan ini berhasil melewati dinding Lapas namun tersangkut ke jaring yang kita pasang," tuturnya.

Aksi pelemparan narkoba ini merupakan yang pertama terjadi dalam tahun ini. Sebelumnya petugas pernah menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas, dengan modus melalui pengiriman makanan. Upaya pelemparan benda terlarang beberapa kali dilakukan dari sisi utara.

Namun petugas jaga berhasil memergoki aksi tersebut. "Untuk itu kita memasang jaring sepanjang 20 meter dengan lebar empat meter untuk mengantisipasi upaya penyelundupan barang terlarang melalui lemparan, kalau dari depan sudah kita perketat," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement