Ahad 16 Oct 2022 13:31 WIB

Jokowi Kunjungi Mangkunegaran Bahas Revitalisasi

Gibran membantah kunjungan Jokowi terkait penikahan Kaesang.

Rep: C02/ Red: Indira Rezkisari
Peserta membersihkan kawasan Pura Mangkunegaran,Solo, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Peserta membersihkan kawasan Pura Mangkunegaran,Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Presiden Jokowi dan beberapa menteri mengunjungi pura Mangkunegaran, Ahad (16/10/2022). Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerangkan kunjungan Jokowi terkait rencana revitalisasi Mangkunegaran.

Beberapa menteri juga ikut serta Jokowi dalam kunjungan ke Mangkunegaran. Di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga

Gibran mengatakan bahwa pertemuan tersebut digelar secara tertutup. Namun, ia menjelaskan bahwa pemerintah pusat berkeinginan untuk melestarikan aset budaya Mangkunegaran.

"Pertemuan tertutup (Jokowi dan kelima menterinya). Yang jelas, kami Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dibantu pemerintah pusat sangat berkomitmen untuk istilahnya merawat Mangkunegaran ini sebagai salah satu aset," kata Gibran, Ahad (16/10/2022).

Gibran menjelaskan bahwa melihat kondisi dari Mangkunegaran sudah bersih dan rapi. Bahkan ia menyebut tempat ini sering dijadikan sebagai tempat singgah ketika diadakan event internasional seperti Asean Para Games 2022 lalu.

"Kita lihat ini kan sudah sangat asri, bersih, dan sering dijadikan tempat event bahkan event internasional. Jadi ini nanti akan kita jadikan salah satu ikon, destinasi wisata unggulan di kota solo. Tentunya juga dibantu oleh para menteri," terangnya.

Selain itu, Gibran menjelaskan bahwa sekarang Mangkunegaran sedang dalam beberapa proses perbaikan. Di antaranya adalah jalan lapangan tenis dan bagian dalam. Ketika disinggung soal anggaran Gibran tidak mengungkapkannya.

"Itu di belakang lagi jalan yang lapangan tenis (sedang perbaikan). Mungkin nanti kita garap di lapangan dan dalam. Koridor itu kan kita kebut juga. Semuanya berpusat di sini. Jadi harus sinergi juga. Gusti Bhre ini luar biasa sekali. Ada masukan-masukan ide dari saya luar biasa sekali. Nanti ya (anggarannya)," katanya.

Ketika disinggung soal apakah kunjungan Jokowi dan para menteri ada kaitannya dengan pernikahan Kaesang Pangarep, Gibran menepis hal itu. Ia mengatakan pernikahan sudah diurus adiknya tersebut.

"Yo ra neng kene to (Ya tidak di sini kan). Venue pernikahan neng kene piye to yo ora, (kalau di sini bagaimana, ya tidak). Dibahas suk mben ya (dibahas mendatang ya). Iki bahas gawean sik ya (ini bahas pekerjaan dulu). Enggak enggak. Kita tidak bahas pernikahan. Pernikahan wis diurus Kaesang," terang Gibran.

Sementara itu, Jumenengan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo menjelaskan bahwa kunjungan Jokowi beserta menteri tersebut hanya silaturahmi. Ia juga menyebut ada diskusi soal bagaimana menjaga kebudayaan khususnya yang berkaitan dengan Mangkunegaran.

"Silaturahmi saja. Kedua bagaimana kita bisa diskusi menjaga kebudayaan. Bagaimana kita bisa melestarikan. Terutama di kota Solo dan sekitarnya. Yang penting kalau dari saya Mangkunegaran bisa terus hidup dan berkontribusi untuk masyarakat luas," kata Bhre.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement